5 Fakta Menarik yang Luput dari Perhatian Anda

By , Selasa, 17 Maret 2015 | 09:00 WIB

Pernahkah anda iseng mengamati jari tangan anda hingga mereka imajinasi anda mengubahnya menjadi bagian tubuh alien yang menakutkan?

Berikut ini adalah lima dari lima belas fakta dibalik hal-hal sederhana dan biasa yang sering kita alami sehari-hari.

1. Menangis

Bukankah aneh, saat kita menyadari mengapa ada buliran air keluar dari mata saat kita merasa sedih?

Diantara rumpun binatang, hanya manusialah yang mengeluarkan air mata saat merasa sedih. Para peneliti percaya, air mata tidak hanya berfungsi sebagai bentuk ekspresi kecewa, frustasi atau sedih, tapi juga mengandung hormon-hormon  yang tidak diinginkan dan beberapa protein yang dihasilkan saat tubuh dalam keadaan stres.

2. Cegukan

Cegukan merupakan reaksi mendadak akibat adanya kontraksi dari otot diafragma (antara dada dan perut). Cegukan mengindikasikan adanya iritasi pada otot diafragma yang biasanya disebabkan karena perut menerima banyak makanan atau sebaliknya, kekurangan makanan untuk dicerna.

3. Tidur

Tidur merupakan kegiatan yang sangat kompleks untuk dipahami. Kita menghabiskan sepertiga waktu kita sehari untuk tidur, memberikan tubuh waktu untuk berisitirahat, dari produksi kimia yang digunakan selama tubuh dalam keadaan bangun, hingga pengorganisasian neuron di otak. Beberapa teori menyatakan bahwa tidur memegang peranan penting untuk kemampuan manusia dalam mengingat dan mempelajari sesuatu.

4. Mati

Manusia mati karena sel-sel tubuhnya mati. Dalam tiap sel, telomeres yang ada di ujung kromosom manusia membawa kode genetik yang menempel pada tiap bagian sel. Pada akhirnya, telemore tersebut akan kehabisan tenaga dan akhirnya kehilangan data yang mereka bawa. Saat telemor itu kehabisan tenaga, sel tidak dapat memberikan fungsinya lagi sehingga tubuh manusai akan mati. 

5. Pipi merona merah

Mengapa pipi menjadi merah merona saat kita merasa malu? Pada saat pipi merona, urat darah pada pipi membesar, menyebabkan darah mengalir lebih banyak  ke daerah pipi. Namun demikian, ilmuwan masih bingung menyimpulkan mengapa fenomena itu bisa terjadi.