Menahan Kecanduan Cokelat dengan <i>Jogging</i> Singkat

By , Rabu, 18 Maret 2015 | 10:00 WIB

Bagi sebagian dari kita, akan sangat susah menahan keinginan untuk mengkonsumsi cokelat, apalagi jika anda merasa sangat stres dan suntuk. Deadline yang mengintai sepanjang hari membuat kita ingin ngemil setiap saat, membuat rencana diet anda gagal berantakan.

Namun sebuah penelitian baru mengatakan, kondisi tersebut dapat dangan dengan bijak dicegah: Jika muncul keinginan untuk mengkonsumsi cokelat, segeralah berjalan.

Penelitian yang dibuat di University of Innsbruck di Austria ini melaporkan bahwa kegiatan berjalan 15 menit dapat mengurangi keinginan mengkonsumsi makanan-makanan manis.

Penelitan dilakukan dengan membagi 47 orang berusia rata-rata 28 tahun yang menderita kelebihan berat badan ke dalam dua grup. Pertama-pertama penelitii akan membagi mereka ke dalam dua kelompok. Kelompok pertama diharuskan untuk jalan santai selama 15 menit di atas treadmill, sedangkan kelompok lain dipersilakan duduk, juga selama 15 menit, untuk mendapatkan test uji stres. Uji stress tersebut dilakukan dengan menyuruh peserta kelompok untuk membedakan warna yang terdapat pada surat, dan warna yang tertulis di atas surat tersebut (contoh: surat oranye bertuliskan “kuning”).

Kemudian, peserta dalam kelompok itu disuruh untuk memilih satu bungkusan berisi permen, coklat atau snack manis lainnya, memegangnya selama 30 detik, namun tanpa langsung memakannya.

Hasilnya, peserta pada kelompok tersebut cenderung merasa lebih stres setelah melakukan test uji stres, sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis tersebut justru meningkat. Sedangkan peserta dari kelompok lainnya, yang ditugaskan untuk berjalan di atas treadmill selama 15 menit, justru tidak mengalami respon yang demikian.

Kesimpulan dari penelitian ini mendukung gagasan bahwa olahraga ringan (seperti jogging di atas treadmill) dapat mencegah efek candu yang ditimbulkan stres dan depresi, yang kemudian juga berdampak dengan berkurangnya resiko obesitas.

Jadi, jika anda merasa stres anda semakin menjadi, segeralah bangun dari tempat anda dan lakukan jogging singkat mengelilingi komplek.