Kenali Sosok Alain Robert, Si Manusia Laba-Laba

By , Jumat, 20 Maret 2015 | 16:30 WIB

Lebih dikenal sebagai Spiderman, Alain Robert menganggap gedung pencakar langit sebagai tempat gym pribadinya. Ia telah memanjat 70 gedung pencakar langit dengan tangan telanjang, termasuk Empire States Building di New York dan Sear Tower di Chicago. 

Gedung Jin Mao di Cina. Gedung setinggi 420,5 meter ini merupakan salah satu dari puluhan gedung pencakar langit di dunia yang berhasil ditaklukan Alain Robert, sang manusia laba-laba. (thinkstockphoto)

Tahun 2008, pendakiannya berlanjut ke gedung Jin Mao Tower, Cina, setinggi 1.380 kaki, seperti yang terlihat pada gambar.

Menurut Alain, mendaki gedung pencakar langit tidak hanya berarti mendaki. Lebih dari itu, mendaki gedung berarti bersenang-senang, lalu masuk penjara. "Dengan mendaki gedung juga berarti mendapatkan kesempatan bertemu dengan presiden dan menteri," candanya.

Mendaki gedung pencakar langit memang bukan pekerjaan gampang. Sepanjang pengalamannya mendaki gedung-gedung tinggi, Alain pernah jatuh sebanyak tujuh kali. Pada tahun 1982 saat ia berusaha 19 tahun, ia jatuh dengan kepala lebih dulu, membuatnya tulang tengkoraknya retak, dan membuat keseimbangannya terganggu. "Ahli bedah yang menanganiku saat itu menyuruhku untuk berhenti memanjat gedung."

Ditanya tentang objek panjatnya saat itu, gedung Jin Mao di Cina, Alain membandingkannya dengan gedung Sear Tower di Chicago yang juga berhasil ia taklukan. "Gedung Jin Mao tersusun dari pipa-pipa, sehingga memanjatnya semudah menaiki tangga. Sedangkan Sear Tower, aku seperti harus mendaki gunung es."

Walau hobinya tersebut seringkali menimbulkan masalah terkait tidak adanya izin yang ia dapatkan untuk memanjat suatu gedung pencakar langit, Alain tetap tidak peduli. Baginya, memanjat gedung memberinya rasa bebas yang menyenangkan. "Dan saat aku berhasil mencapai puncak, rasanya seperti sedang terlahir kembali." tutupnya.