Kebiasaan yang Membuat Kaki Tidak Indah

By , Sabtu, 28 Maret 2015 | 13:40 WIB

Bagi sebagian wanita, kaki adalah salah satu bagian tubuh yang tidak boleh luput dari perhatian dan perawatan. Sebab, rasanya kurang sedap dipandang bila ketika mengenakan rok atau celana pendek namun kaki terlihat tidak terawat. Nah, ternyata kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari pun dapat mempengaruhi penampilan kaki Anda. Mengutip situs GoodHousekeeping.com, setidaknya ada lima kebiasaan yang mampu membuat kaki Anda terlihat tidak indah. Apa sajakah? 1. Duduk Sepanjang Hari Rasanya, kebiasaan ini sulit dihindari, apalagi di tempat kerja yang menuntut Anda duduk dari pagi hingga sore atau bahkan malam hari. Ternyata, duduk dapat memperlambat sirkulasi darah yang menghambat peredaran darah di daerah kaki yang memicu varises, bengkak, maupun darah beku. Oleh sebab itu, pastikan Anda sejenak beranjak dari kursi setiap satu jam sekali dengan berjalan atau meregangkan kaki. 2. Terlalu Sering Menyilangkan Kaki Menyilangkan kaki tidak dapat menyebabkan varises. Akan tetapi, kebiasaan ini sedikit menekan pembuluh darah dan dinding pembuluh vena akan membengkak. Apabila kondisi kaki Anda rentan terhadap varises, ada baiknya Anda mengurangi kebiasaan ini. 3. Lupa Membersihkan Kaki Sama halnya dengan wajah, kaki pun harus terjaga kebersihan dan kelembapannya. Oleh karena itu, jangan lupa membersihkan dan merawat kulit kaki Anda, setidaknya dua hingga tiga kali seminggu. Untuk pelembap, pastikan Anda mengaplikasikannya sekali sehari. Pastikan juga untuk memilih sabun pembersih atau krim yang mengandung formula hidrasi.

4. Malas Bercukur Untuk memiliki kaki yang indah dan bersih, jangan sungkan untuk melakukan shaving atau menghilangkan bulu kaki Anda baik dengan waxing atau mencukur menggunakan pisau cukur khusus. Ketika mencukur, pastikan Anda mengganti mata pisau cukurnya setelah lima hingga tujuh kali penggunaan atau ketika mata pisau sudah tumpul atau berkarat.

5. Tidak Memperhatikan Luka Apakah luka karena pisau cukur, gigitan nyamuk, atau luka ringan lainnya, jika bekas luka pada kaki tidak ditangani dengan baik, akan meninggalkan bekas. Jika Anda memiliki bekas luka yang sudah terlanjur nyata, jangan ragu untuk melakukan perawatan guna menghilangkan atau menyamarkan bekas luka tersebut. Anda dapat pula mengaplikasikan minyak vitamin E yang mengandung antioksidan untuk memperbaiki kondisi kulit yang terkena bekas luka.