Stadion Henningsvær dengan Bentang Alam Norwegia yang Menakjubkan

By Galih Pranata, Minggu, 7 November 2021 | 14:00 WIB
Stadion Henningsvaer yang miliki pemandangan Arktik nan indah di Norwegia. (Amusing Planet)

Nationalgeographic.co.id—Bagaimana rasanya jika bermain atau menonton bola dipinggir laut dengan pesona alam yang menakjubkan? Di Norwegia, Stadion sepak bola bernama Henningsvær menjadi stadion yang menyuguhkan pemandangan alam menakjubkan.

Henningsvaer Stadion adalah stadion sepak bola yang terletak di desa Kepulauan Lofoten di lepas pantai utara Norwegia. Ia dianggap sebagai salah satu stadion terindah di dunia, menghadap ke Laut Norwegia yang indah tidak jauh dari Lingkar Arktika.

Henningsvaer sebenarnya merupakan nama kota di Norwegia. Ia merupakan resor wisata kecil yang menampung 500 nelayan dan total kurang dari 25.000 jiwa. Itu tenggelam dalam panorama menakjubkan kepulauan sekitar 400 mil persegi. Dikelilingi oleh laut, daerah ini terhubung ke pulau utama melalui jembatan yang dibangun pada tahun 1983.

"Nama yang sebenarnya adalah Stadion Henningsvær Idrettslag," tulis Kaushik Patowary. Ia menulisnya kepada Amusing Planet dalam artikelnya yang berjudul This Football Stadium in Henningsvær dipublikasi pada tahun 2017.

"Ia hampir tidak bisa disebut sebagai stadion, karena tidak adanya tempat untuk penonton yang berdiri di sekelilingnya," tambahnya. "Di pinggirnya, hanya dibuat beberapa meter aspal yang dituangkan di sekitar lapangan, dan hanya digunakan untuk sepak bola amatir," lanjutnya. 

Baca Juga: Melihat Inovasi Teknologi: Stadion Sepak Bola Terapung di Atas Laut

Lanskap stadion yang digunakan pengembangan bakat pemain muda, diambil dari anak-anak yang merupakan penduduk setempat. (Amusing Planet)

"Lokasinya yang megah, stadion ini terletak di pulau berbatu yang dikelilingi oleh pemandangan menakjubkan yang terdiri dari pegunungan dramatis dan puncak bergerigi, laut terbuka, dan teluk terlindung," imbuhnya. 

"Lapangan sepak bola diletakkan dengan meratakan batuan dasar yang kokoh di bagian paling selatan pulau Hellandsøya, menghasilkan lanskap yang sangat kasar, dihiasi oleh banyak sekali rak untuk mengeringkan ikan cod," terang Patowary.

Patowary menggambarkan bahwa di sekeliling lapangan terdapat jalan aspal yang berfungsi baik sebagai tempat keramaian maupun sebagai tempat parkir mobil. "Kapasitas stadion yang kecil tampaknya cukup untuk menampung penonton," tambahnya.

"Stadion ini hanya dapat diisi sekitar 500 orang untuk dapat menonton pertandingan dengan mudah. Namun, ini lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan Henningsvær yang tidak memiliki banyak penduduk," lanjutnya.

"Stadion ini memiliki rumput sintetis yang banyak digunakan oleh anggota klub amatir Henningsvær IL untuk melatih pemain akademinya yang merupakan anak-anak lokal disana," ungkapnya. Ia memiliki lampu sorot yang sangat terang untuk digunakan pada malam hari.