Apa Benar Mitos Minum Air Es Dapat Membuat Gemuk?

By , Jumat, 3 April 2015 | 18:55 WIB

Sebagian dari kita akan takut untuk mengonsumsi air es karena adanya anggapan dengan minum air es maka dapat membuat tubuh menjadi gemuk. Nyatanya, minum air es sah-sah saja selama dikonsumsi dalam suhu yang tidak terlalu tinggi karena hal tersebutkan menyebabkan terjadinya perubahan suhu berlebihan serta akan mengganggu sistem pencernaan.

Menurut dr. Michael Triangko Sp.KO, staf pengajar di Prodi Ilmu Kedokteraan Olahraga FKUI, mitos ini muncul dari pengalaman mereka yang minum air es ketika makan makanan berlemak. Suhu dingin dapat menyebabkan lemak membeku di sela-sela gigi dan menimbulkan rasa yang tidak enak di bagian rongga mulut.

Mereka yang minum air es juga lalu mengganti teh hangat sebagai teman pada saat makan, padahal ada yang terlewatkan yaitu suhu di dalam tubuh kita lebih tinggi daripada di permukaan kulit. Hal ini pun menyebabkan semua makanan berlemak akan terlarut saat masuk ke dalam sistem pencernaan. Bagaimana pun juga, lemak tetap akan masuk ke dalam usus dan diserap oleh tubuh.

Dengan begitu, minum air es dapat membuat gemuk adalah tidak benar. Minuman apa saja yang kita minum tidak menjadi masalah. Yang terpenting adalah porsi makanan berlemak yang kita konsumsi agar terhindar pula dari masalah obesitas.