Masuki Masa Kawin, Beruang Jantan Bersikap Lembut

By , Minggu, 5 April 2015 | 20:30 WIB

Sebagai karnivora darat terbesar, beruang kutub merupakan predator menakutkan. Namun, tahukah Anda bahwa hewan raksasa ini memiliki sisi lembut? Terutama ketika mendekati lawan jenisnya untuk kawin.

Beruang kutub (Ursus martimus) adalah makhluk soliter yang umumnya datang secara bersama pada musim kawin—sekitar akhir Bulan Maret hingga awal Mei. “Pada musim semi, para jantan kegiatannya hanyalah berkeliaran untuk memikat beruang betina,” ujar Jon Aars, peneliti beruang kutub dari Norwegian Polar Institute. Menurutnya, beruang juga memiliki penciuman kuat dan dapat melacak calon pasangannya melalui aroma. “Beruang jantan tidak memiliki kesulitan menemukan sang betina,” ujar Aars.

Untuk mengurangi persaingan antar pejantan, beruang akan menggiring beruang betina pada daerah terisolasi seperti di atas pulau maupun teluk kecil. Kemudian proses perkawinan terjadi antar beruang jantan dan betina. Beruang jantan akan melakukan proses kawin berkali-kali, hingga akhirnya sang betina dipastikan hamil.