Mengenal Bakteri <i>Helicobacter pylori</i>, Penyebab Kanker Perut

By , Senin, 6 April 2015 | 14:00 WIB

Hari ini 33 tahun yang lalu, peneliti menemukan sebuah bakteri baru dengan nama Helicobacter pylori. Bakteri ini dapat mendiami tubuh manusia, tak terdeteksi, namun menjadi penyebab utama dibalik penyakit bisul dan kanker perut yang kerap dialami manusia.

Robin Warren dan Barry Marshall, dua peneliti yang bekerja sama untuk meneliti bakteri ini dulunya sempat meragukan kelangsungan bakteri yang baru mereka temukan tersebut, dikarenakan pertumbuhan H. pylori yang cenderung lama. Saat liburan paskah, keduanya meninggalkan penelitian dan kembali empat hari setelahnya, dan menemukan H.pylori ternyata sudah berkembang biak.

Penyebab penyakit bisul sebelumnya dipercaya karena kondisi tubuh yang sedang stres, pilihan makanan dan gaya hidup seseorang. Namun dua peneliti itu membuktikan bahwa penyakit bisul disebabkan oleh infeksi H.pylori, dengan melakukan uji coba meminum air yang mengandung bakteri tersebut. H.pylori kemudian dikenal sebagai penyebab penyakit radang lambung perut dan kanker perut.