Lauterbrunnen, Lembah Cantik dengan Ratusan Air Terjun

By , Kamis, 9 April 2015 | 18:00 WIB

Menempel di sepanjang dinding pegunungan Bernese Oberland di Swiss, 70 kilometer di sebelah tenggara ibukota Bern, adalah lembah Lauterbrunnen. Sekumpulan lembah yang disebut-sebut sebagai lembah terindah di Eropa.

Terhampar di bawah kaki lereng gunung batu setinggi 300 meter, terdapat desa Lauterbrunnen, desa yang dikelilingi oleh tiga gunung besar Eiger, Monch, dan Jungfrau.

Lauterbrunnen berarti “kumpulan musim semi”, dinamakan demikian karena lembah itu tempat bermukim 72 air terjun yang mengalir deras dari atas tebing curam dengan ketinggian beratus-ratus meter.

Air terjun Staubbach. (Thinkstock)

Air terjun Staubbach, seperti nampak pada foto di atas, adalah air terjun yang paling terkenal di lembah Lauterbrunnen. Dengan ketinggian hampir 300 meter, air terjun ini tercatat sebagai air terjun paling tinggi di Eropa.

Saking indahnya, air terjun di lembah ini menginspirasi penyair Johan Goethe untuk berkarya. Puisi musikalnya, “Song of The Spirit of The Waterfalls”, memukau pendengar dengan alunan instrumen olahan komponis Franz Schubert.

Sejak tahun 2001, Lauterbrunnen ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.