Folon-Picon, Situs Tambang Indah di Lereng Gunung

By , Kamis, 9 April 2015 | 18:30 WIB

Tambang Folon dan Picon adalah sekumpulan rumah tambang yang letaknya berada di lereng gunung Monte Campo do Couto, Spanyol.

Pertambangan yang didirikan pada abad ke-18 ini dibuat dengan posisi menurun sejajar seperti anak tangga untuk memudahkan aliran air dari atas bukit.

Listrik yang dihasilkan dari tenaga air yang mengucur dari atas lereng pun dimanfaatkan untuk proses penggilingan jagung dan gandum, juga untuk pemintaian benang linen dan wol.

Pertambangan Folon-Picon dilihat dari bawah lereng. (Xabeldiz/Flickr)

Pertambangan ini terbagi dalam dua wilayah. Yang pertama, Folon, bertempat di lereng gunung dekat aliran air bernama Folon. Di tempat ini terdapat 36 rumah tambang. Sedangkan Picon, terdiri dari 24 rumah tambang yang terletak di atas aliran air Picon.

Tiap rumah tambang di kedua tempat tersebut merupakan bangunan batu dengan dua lantai. Lantai pertamanya berfungsi sebagai tempat pertambangan, sedangkan lantai kedua diisi dengan beragam mesin untuk mengendalikan kegiatan tambang.

Menurut catatan, komplek pertambangan ini terakhir kali beroperasi pada tahun 1702.

Meski sudah tidak lagi beroperasi, pertambangan di lereng gunung ini tidak dihancurkan namun dijaga sebagai warisan kebudayaan dan etnografis El Rosal.