10 Bayi Hewan Lucu yang Tidak Anda Temukan Sehari-Hari

By , Minggu, 12 April 2015 | 11:30 WIB

Anda pasti sering melihat bayi kucing, anjing, kelinci, atau binatang-binatang lain yang sering dipelihara manusia. Tapi di bawah ini adalah beberapa foto dari bayi-bayi hewan lucu dan menggemaskan yang tidak bisa Anda temukan tiap harinya.

Bayi ubur-ubur (National Geographic)

1. Seekor bayi ubur-ubur mengambang di perairan gelap Polinesia. Ubur-ubur termasuk binatang yang sudah purba, spesies pertamanya ditemukan sekitar 400 juta tahun sebelum dinosaurus muncul. (data menurut Institusi Smithsonian).

Katak beracun jantan sedang menggendong anaknya. (National Geographic)

2. Di Costa Rica, katak beracun jantan ini menggendong kecebong di atas punggungnya sambil mencari bunga untuk ditempati sang anak. Perjalanan mencari bunga itu sendiri akan memakan waktu berhari-hari. Belum lagi, sang katak harus memastikan ada cukup air di bunga tempat bayi kecebongnya bermukim nanti. Benar-benar ayah yang sangat baik, bukan?

Huacaya alpaca atau kambing peru dan anaknya. (National Geographic)

3. Seekor huacaya alpaca atau kambing peru dan bayinya sedang berjalan santai dipadang di Canterburry, New Zaeland. Menurut informasi dari Australian Alpaca Association, kambing peru tidak akan berjalan-jalan di tempat yang sama dimana mereka mencari makan, karena mereka tidak suka makan di wilayah bekas tempat mereka buang air saat sedang santai sore.

Bayi-bayi angsa. (National Geographic)

4. Mereka asalnya dari Eropa. Ketika dibawa ke Amerika Utara, kawanan bayi angsa ini kerap menjadi penghuni tetap kolam-kolam mewah nan eksotik di perumahan atau taman-taman kota. Angsa yang tinggal di alam bebas seringkali mengusik unggas-unggas air lainnya dengan perilaku agresifnya, menjadikannya penjajah yang galak namun imut menggemaskan.

Bayi belut kaca. (National Geographic)

5. Setelah menginvasi Laut Sargasso, bayi-bayi belut kaca yang menyala ini akan berenang menuju perairan Atlantik. Perjalanan mereka kesana memakan waktu satu tahun, menghias laut gelap dengan cahaya tubuhnya yang berasal dari zat fluorescent UnaG.

Bayi burung hantu liang. (National Geographic)

6. Dua pasang burung hantu liang keluar dari lubangnya pada suatu siang di California. Burung hantu ini sengaja menutupi lubang persembunyiannya dengan kotoran mamalia untuk menjebak kumbang pemakan kotoran, 'cemilan' favorit mereka.

Bayi babi di bawah dekapan ibunya. (National Geographic)

7. Seekor bayi babi mendekam di bawah pelukan ibunya untuk tidur siang. Saat mereka dewasa, babi ini harus berhati-hati terhadap para pemburu yang mengincar gading mereka yang berharga.

Bayi baboon. (National Geographic)

8. Siapa yang tidak gemas melihat bayi baboon asal Cape Town ini? Bayi baboon ini memang sangat lucu dengan mukanya yang cantik, tapi berhatil-hatilah saat mereka dewasa, karena menurut catatan, baboon dewasa kerap merampok makanan dari rumah-rumah warga di tenggara Afrika dan melukai manusia dengan sikap agresifnya.

Bayi Agouti dan ibunya. (National Geographic)

9. Agouti yang baru lahir ini seperti miniatur ibunya. Mirip sekali! Berhabitat di pulau Barro Colorao, Panama, pengerat berukuran 80 cm ini sudah dapat berlari kencang meski baru berumur satu jam!

Ikan salmon. (National Geographic)

10. Bayi ikan salmon akan melakukan imprinting –mengingat suhu dan bau dari perairan tempatnya lahir untuk kemudian kembali lagi saat mereka dewasa.