Telaah Manfaat Si Buah Kuning

By , Minggu, 19 April 2015 | 08:00 WIB

Buah pisang menjadi salah satu buah favorit masyarakat Indonesia yang dapat dinikmati secara langsung atau diolah menjadi menu makanan. Selain itu, bagi sebagian orang, buah pisang seringkali dijadikan sebagai pengganti air minum saat minum obat.

Tidak hanya kaya akan karbohidrat, buah pisang juga mengandung kalium, magnesium, vitamin C dan B6 yang mampu membantu tubuh menyimpan cadangan kalsium, nitrogen, dan fosfor. Serta berfungsi untuk membangun regenerasi jaringan. Tak heran, jika ibu hamil disarankan untuk banyak mengonsumsi buah pisang. Hal itu disebabkan oleh kandungan asam folat dan kalium yang terkandung di dalamnya, akan membantu perkembangan janin.

Nah, berikut manfaat buah pisang, menurut Food and Drug Administration (FDA):

1.Mempertahankan kesehatan jantung

Kandungan kalium dalam pisang merupakan salah satu elektrolit yang berperan dalam pembentukan impuls dan mampu dalam mempertahankan kontraksi otot jantung agar tetap regular. Selain itu, kandungan sodium yang rendah pada pisang juga dapat melindungi sistem kardiovaskular dari bahaya tekanan darah tinggi.

2.Memperbaiki suasana hati

Pisang kaya akan kandungan tryptophan yang dapat membantu dalam mengatasi depresi. Kandungan tryptophan  akan diubah menjadi serotonin, neurotransmitter pada otak yang berperan untuk meningkatkan mood. Tak hanya itu, kandungan vitamin B juga dapat membantu tidur Anda menjadi nyenyak dan merilekskan otot-otot yang tegang, sehingga Anda dapat beristirahat lebih nyaman.

3.Membantu pencernaan dan menurunkan berat badan

Pisang memiliki kandungan serat yang sering, sehingga dapat membantu memperlancar pencernaan Anda. Selain itu, kandungan vitamin B6 nya juga dapat melindungi Anda dari risiko diabetes tipe 2 serta membantu menurunkan berat badan. Rasanya yang manis dan mengenyangkan akan membantu Anda dalam menekan rasa lapar. Terlebih, pisang juga dapat membantu menstabillkan kadar gula darah saat Anda sedang berolahraga.

4.Kesehatan Tulang

Menurut Journal of Physiology and Biochemistry yang diterbitkan pada tahun 2009 mengemukakan bahwa pisang banyak mengandung senyawa fructoogosaccharides, yaitu karbohidrat yang tidak dapat dicerna, tetapi mampu meningkatkan produksi probiotik yang ada pada saluran cerna, serta mampu meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap kalsium, sehingga sangat baik untuk kesehatan tulang.

5.Mengurangi risiko kanker

Pisang tinggi akan kandungan senyawa antioksidan fenolik yang berperan penting untuk menekan risiko terjadinya kanker ginjal.