Mengapa Selalu Merasa Lelah?

By , Minggu, 19 April 2015 | 18:00 WIB

Apakah Anda selalu merasa letih, tidak bertenaga, dan merasa enggan melakukan apapun? Jika ya, maka Anda tidaklah sendirian. Pasalnya, setidaknya satu dari lima orang mengalami hal tersebut.

Meski banyak orang yang mengalami selalu merasa lelah, hanya sedikit yang mengonsultasikan secara medis.

Mereka hanya menganggap bahwa kelelahan terjadi karena banyaknya kegiatan yang dilakukan. Padahal lebih jauh, para ahli memaparkan ada tujuh alasan mengapa manusia merasa selalu lelah.

Anda adalah seorang perfeksionis. Menjadi seorang yang perfeksionis ternyata juga menyita banyak energi. Orang perfeksionis lebih banyak menghabiskan energi karena selalu merasa khawatir dan terlalu memikirkan keputusan yang akan diambil.

Irena Levina dari New York University Langone School of Medicine mengungkap, "Orang yang begitu perfeksionis akan selalu cemas tentang apapun. Mereka akan khawatir apa yang dilakukan bukanlah hal benar, dan tidak baik."

Terlalu banyak minum kopi. Kafein adalah bahan stimulan yang ketika diminum akan memproduksi hormon yang menyebabkan stres dan kartisol.

Satu cangkir kopi atau teh dapat membuat seseorang menjadi lebih bertenaga. Namun pada saat yang sama, mereka kehilangan cukup banyak energi sehingga mudah lelah.

Terlalu banyak makan. Pasta, roti, dan nasi akan menyebabkan gula darah meningkat jika dikonsumsi secara berlebih. Ketika gula darah meningkat, maka Anda akan merasa lelah. Untuk menghindarinya, makanlah panganan yang rendah gula, dan tidak terburu-buru saat makan.

Kesulitan tidur saat datang bulan. Bagi Anda yang wanita, pola tidur kala menstruasi datang kerap berubah bukan? Anda akan merasa kesulitan saat ingin tidur, dan menyebabkan kelelahan menghampiri. Wanita juga mengalami beberapa gangguan pola tidur seperti insomnia, hypersomnia, dan parasomnia.

Kekurangan protein. Beberapa orang yang selalu merasa letih, ada kemungkinan kekurangan protein. "Jika Anda tidak mencukupi asupan protein, maka akan memengaruhi tenaga," ujar Nicola Shubrook dari Urban Wellness Clinic di London.

Mengidap Diabetes tipe 2. Kelelahan berlebih bisa menjadi tanda Anda mengidap diabetes tipe 2. Karena tubuh tidak mampu memproduksi insulin yang cukup bagi tubuh, sehingga tubuh manusia tidak dalam keadaan terbaiknya.

Level testosteron rendah. Sebagai pria, kelelahan bisa dihubungkan dengan kurangnya tingkat testosteron dalam tubuhnya. Cirinya seperti kebotakan, kesulitan berkonsentrasi, dan menurunnya libido. Akibatnya, massa otot ikut berkurang sehingga tubuh selalu merasa lelah.