Penyakit Misterius Serang Nigeria

By , Minggu, 19 April 2015 | 15:00 WIB

Pejabat setempat mengungkap, penyakit "misterius" telah menewaskan sedikitnya 18 orang di tenggara Nigeria selama beberapa hari terakhir. Wabah ini dimulai di kota Ode-Irele, negara bagian Ondo, dan terus menyebar dengan cepat.

Penyakit ini ditandai dengan penglihatan kabur, sakit kepala dan kehilangan kesadaran. Wabah ini dapat membunuh korban dalam waktu 24 jam sejak terserang.

Pejabat kesehatan setempat dan para ahli dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah berada di kota itu untuk mencoba mengidentifikasi penyakit ini.

"Uji laboratorium sejauh ini mengesampingkan kemungkinan bahwa hal itu disebabkan Ebola atau virus lainnya", kata juru bicara pemerintah negara bagian Ondo, Kayode Akinmade, dikutip oleh kantor berita AFP. Dia menyebut penyakit itu sebagai "misterius".

Juru bicara WHO Gregory Hartl mengatakan kepada AFP, semua yang tertular mulai menunjukkan gejala antara 13-15 April 2015 lalu. Menurut pejabat kesehatan negara Dayo Adeyanju, penyakit tak dikenal itu tampaknya menyerang sistem saraf pusat.