7 Fobia Unik yang Dialami Manusia

By , Senin, 20 April 2015 | 18:30 WIB

Fobia akan hantu, makhluk-makhluk supernatural, dan fobia akan binatang tertentu merupakan fobia yang sering kita jumpai di kehidupan sehari-hari. Namun, tak jarang juga ditemukan orang-orang dengan fobia aneh dan unik seperti di bawah ini:

1. Agyrophobia, fobia untuk menyebrang jalan

Fobia ini memmbuat penderitanya takut sekali untuk menyebrangi jalanan, jembatan layang, dan segala jenis jalan lainnya. Fobia ini juga diperuntukkan untuk orang yang takut akan fisik jalanan itu sendiri. Istilah ini diambil dari Bahasa Yunani yang berarti ‘berbelok’ dan ‘memutar’, sebagaimana yang dirasakan penderitanya yang takut akan lalu lintas yang memutar.

2.  Mageirocophobia, fobia memasak

Istilah ini berasal dari kata Yunani ‘mageirokos’ yang artinya ‘orang yang pandai memasak.’ Penderita fobia ini akan merasa terintimidasi oleh kemampuan memasak seseorang. Rasa pesimis mereka akan kemampuan memasak akan memengaruhi kebiasaan penderitanya untuk cenderung makan makanan yang tidak sehat.

3. Pediophobia, fobia boneka

Pediofobia adalah ketakutan tak beralasan akan segala jenis boneka, tidak hanya yang rupanya seram saja. Penderita fobia ini akan ketakutan jika melihat robot, barbie, atau boneka dengan bentuk lucu lainnya.

4.  Deipnophobia, fobia mengobrol saat makan

Normalnya, seseorang akan merasa malu dan tidak nyaman untuk melakukan obrolan saat jamuan makan. Namun untuk beberapa orang, mereka tidak hanya merasa tidak nyaman, tapi malah ketakutan untuk mengobrol saat makan.

5. Eisoptrophobia, fobia akan cermin

Eisoptrophobia adalah ketakutan berlebihan seseorang akan cermin. Lebih tepatnya, ketakutan akan dunia spiritual yang mereka yakini ada di balik cermin. Karena kekhawatiran berlebih akan dunia takhayul, penderitanya akan merasa sangat cemas jika sampai memecahkan cermin.

6. Arachibutyrophobia, Ketakutan akan selai kacang yang menempel di dinding langit-langit mulut

kelainan ini kemuningkan dialami oleh anak-anak yang semasa kecilnya dipaksa terus menerus untuk makan roti dengan selai kacang atau jelly sandwiches, sehingga menimbulkan trauma akan selai kacang masa di masa dewasa.

7. Cathisophobia, Ketakutan untuk Duduk

Ada orang yang fobia untuk duduk. Ketakutan itu mungkin saja sebagai bentuk adanya penyakit hemorrhoid, yakni peradangan saluran pembuluh darah vena yang letaknya di bagian bawah saluran cerna. Namun dalam beberapa kasus, penderita fobia ini adalah mereka yang mengalami trauma yang berhubungan dengan penggunaan tempat duduk, misalnya seseorang yang seringkali mendapat hukuman di atas tempat duduk semasa bersekolah.