<i>The Google Adventurer</i> Tewas di Everest

By , Selasa, 28 April 2015 | 06:30 WIB

Dalam bencana longsor akibat gempa yang melanda Himalaya Sabtu (25/4) lalu, dilaporkan 18 orang tewas di gunung Everest, saat mereka baru saja akan memulai pendakian. Diantara ke-18 orang yang tewas, adalah salah satu pendaki dari Google, Dan Fredinburg.

Kala itu, ia bersama tiga orang rekan Google lainnya juga berangkat dalam ekspedisi pendakian gunung Everest. Beruntung, ketiga rekannya berhasil selamat.

"Aku ingin semua orang berpikir seperti Google dan memiliki jiwa seorang petualang," tulis Dan Fredinburg di media sosialnya. Adik Dan, Megan Fredinburg mengunggah foto Dan saat mendaki gunung. Dan adalah salah satu korban dari longsornya salju Everest akibat gempa Nepal pada Sabtu (25/4). (Dan Fredinburg)

Mr.Adventurer—begitu ia kerap menyebut dirinya, telah bekerja di Google sejak tahun 2007. Ialah yang mencanang program self-driving car dan Project Loon, usaha menggunakan balon stratosfir untuk mengirim sinyal internet ke daerah-daerah pedalaman.ia juga berkontribusi sebagai fotografer yang mengambil foto-foto gunung Everest untuk proyek Google’s Street View.

Fredinburg kerap mengunggah foto perjalanannya di media Instagram. Dalam foto terakhir yang ia unggah hari Jumat (23/4) memperlihatkan dirinya berpose di atas tangga sambil menyisip kopi dari gelas putih. Ia menulis:  “Hari ke-22: latihan ski es bersama @micbattellii tidak menghentikan kebiasaan minum kopi di pagi hari, tak peduli betapa bahayanya (posisi saat itu).”

Keesokan harinya, sebuah foto kembali muncul di akun Instagram Dan Fredinburg. Sang adik, Megan Fredinburg, memberitahu kepada media bahwa sang kakak tewas akibat longsor di gunung Everest Sabtu pagi itu.