Penemuan Spesies Langka: Hiu Mini

By , Selasa, 28 April 2015 | 18:30 WIB

Ikan hiu mungkin identik dengan gambaran seram dan mematikan. Akan tetapi tidak dengan yang satu ini. Para peneliti baru saja menemukan spesies langka hiu mini yang menggemaskan.

Hiu kecil yang baru saja ditemukan ini merupakan spesies yang teramat langka dan baru diketahui sedikit saja oleh para peneliti. Selama ini para peneliti baru menemukan dua spewies hiu mini. Saat spesimen kedua tersebut ditemukan, peneliti menemukan beberapa hal baru yang menarik.

Pada spesimen kedua berupa hiu jantan sepanjang 14 cm ini peneliti menemukan organ yang bisa menciptakan cahaya bernama photophores. Organ ini tidak ditemukan pada foto-foto spesimen pertama yang berjenis kelamin betina.

Apabila memang hiu betina tidak memiliki photophores, berarti organ bercahaya tersebut digunakan oleh hiu mini jantan untuk menarik perhatian lawan jenisnya. Akan tetapi peneliti belum bisa membuat kesimpulan sebab mereka takut foto-foto dari spesimen hiu betina tersebut tidak cukup lengkap dan representatif.

Satu hal yang masih membingungkan peneliti yaitu penemuan lokasi dua spesimen yang sangat berbeda. Spesimen pertama hiu betina berukuran setengah meter tersebut ditemukan pada perairan dingin pada pesisir pantai Peru. Akan tetapi spesimen kedua hiu jantan bayi ini ditemukan pada perairan hangat Teluk Meksiko.

Penemuan spesies langka hiu mini nan menggemaskan ini memang masih menyimpan sejumlah misteri. Para ilmuan sekarang masih memiliki banyak pertanyaan yang harus dijawab terkait habitat, karakter, dan penjelasan lengkap tentang spesies unik ini.