Menyapa Mamalia Laut nan Riang di Port Stephens

By , Senin, 4 Mei 2015 | 13:00 WIB

Angin musim panas menerpa wajah tetamu. Perjalanan darat sejauh 160 kilometer ke arah timur laut Sydney ini terasa menyenangkan. Bus membawa wisatawan ke sebuah tempat asyik yang bernama Port Stephens. Cuaca cerah, udara hangat. Kombinasi yang pas dalam road trip yang memakan waktu sekitar dua setengah jam dari wilayah Sydney yang hiruk.

Pandangilah lanskap Port Stephens. Pelabuhan alam nan megah ini berada di Hunter Region, New South Wales. Tempat ini dapat dikatakan sebagai lokasi yang sempurna dalam agenda liburan kita. Sebab, di wilayah ini terdapat 26 pantai berpasir keemasan, teluk yang ukurannya melebihi dua kali Sydney Harbour, dan semenanjung berpegunungan dan dikelilingi oleh hutan hujan.

Wilayah Port Stephens memiliki tiga wilayah utama: Tomaree Peninsula, Tilligerry Peninsula, dan Golden Bight, semuanya dikelilingi oleh Port Stephens Bay yang spektakuler. Di sini Anda dapat mengemudikan kendaraan berpengerak 4 roda di bukit-bukit pasir, berselancar dan snorkeling, atau menjelajahi alam di taman nasional berkelas dunia.

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang cerdas dan memiliki komunikasi antar-individu yang unik. (Dok. Tourism Australia)

Port Stephens juga menjadi incaran utama para pejalan yang menyukai aktivitas berbau maritim. Di sini, telah populer sebagai "tempat terbaik pengamatan lumba-lumba Australia". Pelayaran dari Nelson Bay menyediakan peluang untuk berdekatan dengan lumba-lumba, dan beberapa penyedia jasa tur bahkan menawarkan kesempatan untuk berenang bersama lumba-lumba.

Para peneliti telah lama meneliti lumba-lumba hidung botol yang hidup di teluk ini. Setelah perahu melaju selama satu setengah jam, riak air mengejutkan para pejalan. Wusss... lumba-lumba melompat dari dalam air, menerpa udara hangat, dan kembali ke permukaan. Asyik!

Lumba-lumba bukanlah pamer akan keahliannya memuncratkan air. Mamalia laut ini sebetulnya tengah melakukan komunikasi dengan temannya melalui gerak tubuh dan suara. Gerakan akrobatik tadi boleh jadi menjadi salah satu cara untuk memberitahu kawanannya bahwa di teluk ini ada banyak makanan.

Port Stephens menjadi incaran utama para pejalan yang menyukai aktivitas berbau maritim. Salah satunya, menjumpai kawanan lumba-lumba. (Dok. Tourism Australia)

Lumba-lumba sangat banyak omong. Tidak hanya bersiul dan berdecak, satwa ini juga mengeluarkan beragam suara keras sekaligus yang disebut "bunyi rentetan" untuk memarahi anaknya dan mengusir hiu. Sejak 1990an, para peneliti telah meneliti lumba-lumba hidung botol yang ada di teluk ini. Mereka berusaha mendengarkan suara-suara itu untuk menduga-duga artinya.

Satwa terlihat riang itu memang istimewa bagi kita. Lumba-lumba sangat berbeda dengan kita. Satwa ini "melihat" dengan sonar dan sangat presisi sehingga dari jarak 30 meter dia bisa mengetahui suatu benda itu terbuat dari logam, plastik atau kayu. Gerakan matanya terpisah satu sama lain. Lumba-lumba semacam makhluk asing yang tinggal seplanet dengan kita. Nah, itu sebabnya, apabila kita mengamati lumba-lumba boleh jadi hampir mirip dengan bertemu makhluk luar angkasa.

Mengamati lumba-lumba boleh jadi hampir mirip dengan bertemu makhluk luar angkasa. (Dok. Tourism Australia)

Puas dengan mengamati lumba-lumba, kita dapat mengarahkan perjalanan darat menuju Nelson Head Lighthouse atau berjalanlah menyusuri pantai ke puncak Tomaree Headland untuk menikmati pemandangan spektakuler Port Stephens dan kepulauan di sekitarnya. Taman Nasional Tomaree yang alami memiliki ciri khas jalur lintas alam yang sangat menakjubkan di sepanjang garis pantai berbatu-batu menembus lahan pesisir bersemak, bukit pasir, dan hutan. Gan Gan Hill adalah puncak tertinggi Port Stephens dengan pemandangan memukau ke seluruh wilayah sampai ke Newcastle di selatan dan Myall Lakes di utara. Ayo, jelajahi Tilligerry Peninsula dan kunjungi Tilligerry Habitat State Reserve. Dengan wisata berjalan kaki yang bermedan mudah hingga sedang dan margasatwa yang melimpah, tempat ini sempurna untuk relaks dan bersantai.

Satwa yang terlihat riang itu memang istimewa bagi kita. Lumba-lumba sangat berbeda dengan kita. (Dok. Tourism Australia)

Nah, tertarik menjelajahi wilayah Port Stephens dengan kecantikan alam nan mengagumkan? Kita dapat merancang perjalanan kita ke Australia melalui Wego untuk mencari harga terbaik buat tiket dan hotel. Kita juga dapat mencari tahu lebih dalam tentang beragam tujuan wisata yang wajib kita kunjungi di sana. Ayo, ikuti langkah mudah ini: rencanakan, pesan, berkemas, dan nikmati perjalanan. Asyik kan?