Mungkinkah Zombie Benar-Benar Ada?

By , Jumat, 8 Mei 2015 | 16:00 WIB

Film Hollywood yang banyak mengangkat tema zombie–mayat hidup yang menyerang manusia– kini benar-benar dapat kita temukan di alam. Tapi bentuk zombie itu tidak akan seseram yang kita lihat di layar kaca.

Para peneliti di Isreal baru-baru ini berhasil mengungkap bahwa bakteri yang telah mati jika disinari warna silver akan membunuh bakteri di sekitarnya yang masih hidup.

Mengapa warna silver bisa berperan sebagai stimulus? Bakteri responsif terhadap warna silver, yang berfungsi sebagai racun untuk sel bakteri.

Pada penelitian yang dilakukan di Israel tersebut, peneliti menggunakan bakteri Pseudomonas aeruginosa yang disinari nitrat silver. Menurut David Anvir, salah satu dari tim peneliti dari University of Jerusalem, bakteri itu kemudian bertindak seperti spons, menyerap nitrat silver. Setelah diberi sekumpulan bakteri P. aeruginosa yang hidup di wadah yang sama, bakteri zombie mulai beraksi. Mereka akan mulai mengeluarkan nitrat silver yang ada dalam tubuhnya, sehingga nitrat silver tersebut akan mulai menginfeksi bakteri yang masih hidup. “Mekanisme baru ini menunjukkan cara agen antibakteri membunuh,” ujar Anvir, seperti yang dikutip Popular Science (7/5).