Janggut Tempat Bersarangnya Bakteri

By , Selasa, 5 Mei 2015 | 15:15 WIB

Pria gemar memelihara janggut. Konon, pria yang memiliki janggut terlihat lebih macho, sehingga dengan alasan itulah mereka kerap membiarkan janggut mereka tumbuh.

Namun tahukah Anda? Beberapa saat lalu, beberapa orang yang tergabung dalam tim penelitian di Alburqueque, Meksiko, mencabut sejumlah janggut pria dan menelitinya.

Hasil yang ditemukan membuat mereka jijik.

Dalam penelitian mereka, terlihat bahwa bakteri yang ada dalam janggut pria setara dengan bakteri yang sering ditemukan di toilet.

Meski peneliti dari Alburqueque tersebut belum menemukan bakteri apa persisnya yang terdapat di janggut, penemuan ini mendukung penelitian sebelumnya yang dilakukan di tahun 2000, dengan hasil yang sama dengan penelitian terkini.

Seperti yang dikatakan tim peneliti studi yang dimuat di jurnal online NCBI ini, para pria disarankan untuk mencukur janggut mereka untuk melindungi diri dari bakteri yang mungkin bersarang. Jika tidak,  kebiasaan untuk mencuci janggut juga disarankan, diikuti dengan  kebiasaan mencuci tangan setiap sebelum menyentuh makanan.