Lakukan Hal Ini untuk Tingkatkan Daya Ingat

By , Selasa, 5 Mei 2015 | 19:20 WIB

Anda bisa saja memiliki wajah yang awet muda, tubuh yang segar bugar, namun jika Anda kerap melupakan hari ulang tahun anak, lupa dimana memarkir mobil, dan bermacam-macam kelupaan lainnya, itu berarti saatnya Anda melakukan hal-hal berikut ini untuk mengasah ingatan Anda

Berolahraga di gym

Ternyata, melakukan olahraga di  gym seperti lari di treadmill atau mengendarai stationary bike mampu membuat ingatan seseorang pulih dari kecenderungan lupa. Dalam suatu penelitian yang dilakukan tahun 2013 di University of Texas-Dallas, peneliti menemukan bahwa orang tua yang melakukan olahraga di gym memiliki ingatan yang lebih baik daripada mereka yang tidak berolahraga.

Jangan minum minuman beralkohol

Menurut suatu studi: Dengan meminum minuman beralkohol khususnya wine, membantu penurunan daya ingat dan kemampuan kognitif seseorang 6 tahun lebih cepat daripada mereka yang tidak minum minuman beralkohol.

Membiasakan tidur siang

Tidur siang membantu membuat tubuh dan pikiran Anda lebih segar, dan membantu menciptakan mood yang lebih baik. Suatu studi yang dilakukan di Universitas Harvard membuktikan bahwa siswanya yang mendapatkan tidur siang selama tiga puluh menit cenderung memiliki ingatan yang lebih kuat, merujuk pada hasil ujian yang mereka dapatkan lebih tinggi dibanding mereka yang tidak tidur siang.

Perbanyak makan sayuran

Dalam penelitian yang juga dilakukan di Universitas Harvard, mengungkap bahwa wanita yang rajin makan sayuran hijau memiliki kecenderungan penurunan daya ingat akibat penuaan yang lebih kecil. Diduga karena kandungan phytokimia yang terkandung dalam sayuranlah yang membantu mencegah penurunan daya ingat tersebut.

Minum minuman yang mengandung kafein

Meski seringkali dilarang untuk diminum dalam jumlah banyak terkait dampak negatifnya, ternyata kafein juga memiliki efek positif bagi tubuh, yakni untuk mempertajam daya ingat.

Para ilmuwan di Johns Hopkins University percaya bahwa kafein mampu mempertajam kemampuan otak dalam menyerap informasi. Hal itu dibuktikan dari studi yang mereka lakukan terhadap para partisipan yang berhasil mengingat lebih baik dalam suatu tes uji daya ingat setelah diberikan minuman berkafein 200 mg.