Makanan Pencegah Demensia

By , Rabu, 6 Mei 2015 | 11:00 WIB

Awal bulan ini, sebuah studi di Jepang terhadap 700 orang tua berusia lebih dari 60 tahun, menemukan fakta bahwa meminum teh hijau secara teratur bisa mengurangi resiko penyakit demensia. Namun, selain teh hijau, ada beberapa makanan dan minuman lain yang dapat menghambat demensia.  

Sayuran hijauKetika masih kecil, ibu kita sering sekali menyuruh kita makan sayur-sayuran yang berwarna hijau agar sehat. Rupanya, saran sang ibu ternyata benar. Para peneliti di Rush University, Chicago, menguji diet yang dilakukan 950 orang tua setiap tahunnya. Mereka menemukan fakta bahwa orang tua yang mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam sekali hingga dua kali dalam sehari tidak mengalami penurunan kognitif yang signifikan dibanding dengan mereka yang tidak makan sayuran hijau.

Kari Pada tahun 2014, terbukti bahwa bahan-bahan yang berada pada rempah kunyit, bumbu utama pada makanan khas India ini, dapat memperbaiki fungsi otak orang-orang yang terkena penyakit saraf seperti Alzheimer. Studi ini dilakukan oleh tim dari Institute of Neuroscience and Medicine di Jerman.

KopiSetelah membahas makanan, sekarang ada minuman yang dapat menghambat dementia, yaitu kopi. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Institute for Scientific Information on Coffee menyatakan, minum tiga hingga lima gelas kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko terkena Alzheimer hingga 20 persen.

Makanan kaya zat besiDi tahun 2013, sebuah studi menemukan fakta bahwa orang yang mengidap anemia (memiliki tekanan sel darah merah rendah) memiliki resiko tinggi terkena dementia. Oleh karena itu, makanan kaya zat besi seperti hati, daging merah, dan kacang-kacangan dapat mengurangi resiko tersebut.

Strawberry dan blueberry                     Di tahun 2012, tim peneliti dari Harvard Medical School menyatakan bahwa mengonsumsi 75 gramblueberry dan 150 gram strawberry setiap minggunya bisa membantu mengurangi penurunan fungsi kognitif dari dua hingga setengah tahun.

WineMeminum segelas wine sehari bisa menghampat perkembangan dementia, berdasarkan studi dari Central Institute of Mental Health pada tahun 2011. Tim peneliti mengatakan, konsumsi alkohol sangat berhubungan dengan penurunan dementia dan Alzheimer.

Itulah makanan dan minuman yang dapat menghambat dementia. Selamat mencoba!