Tardigrada dan Kekuatan Supernya

By , Rabu, 6 Mei 2015 | 15:00 WIB

Hidup di air dan termasuk binatang invertebrata, binatang ini sungguh tangguh. Ia mampu bertahan di segala kondisi dengan suhu yang seharusnya bisa membunuh makhluk hidup lain. Jika benar makhluk berkekuatan super itu ada, binatang ini patut menyandang gelar tersebut.

Apa saja kekuatan super dari tardigrada?

Binatang ini termasuk kategori binatang terkecil di Bumi. Disebut juga sebagai water bear, spesies Hypsibus dujardini ini tubuhnya hanya sebesar benih opium, 1,5 milimeter. Ukuran yang membuatnya hampir tak terlihat ini membuat ia seringkali berhasil lolos dari intaian pemangsa, dengan hanya bersembunyi di balik bebatuan laut atau terumbu karang.

Meski kecil mungil, jangan remehkan kekuatan tardigrada karena binatang ini bisa mengoyak alga atau hewan kecil lainnya dengan gigi tajamnya! Giginya yang tajam selayak gergaji ini menjadi senjata utama hewan kecil ini.

Habitat binatang ini sebenarnya di air. Namun, jika cuaca berubah secara ekstrim, ia terpaksa harus berubah bentuk. Dengan mengganti cairan di seluruh tubuhnya dengan gula trehalose, voila! Tardigrada berhasil selamat dengan hidup di lingkungan kering tanpa air.

Tidak sampai disitu, ilmuwan ternyata telah mengatahui kekuatan si kecil tardigrada sejak lama. Buktinya, si kecil pink ini menjadi salah satu hewan yang diutus ke luar angkasa dalam penerbangan ujicoba menggunakan kapsul FOTON-M3 di tahun 2007. Meski spesies hewan lain yang turut dikirim tidak berhasil selamat, tardigrada menjadi satu-satunya yang berhasil kembali ke Bumi dan bertahan dari sinar kosmis dan radiasi ultraviolet yang mematikan.

(Baca juga: Binatang yang Pernah Terbang Ke Luar Angkasa)

Tidak heran tardigrada berhasil selamat di luar angkasa, karena ternyata binatang ini juga tercatat sebagai binatang yang sudah eksis bahkan sebelum manusia pertama di Bumi hidup! Dengan hebatnya kekuatan yang dimiliki tardigrada, peneliti mulai menduga: apakah binatang ini juga menjadi organisme terakhir di muka Bumi?