Pupil Mata Berubah Putih? Waspada Kanker Retina

By , Kamis, 14 Mei 2015 | 10:00 WIB

Retinoblastoma merupakan kanker mata langka yang dapat diderita anak kecil di usia pertumbuhan. Ciri anak yang mengalami kanker ini dapat dilihat dari warna pupil matanya yang berubah menjadi putih.

Seorang ibu di Illinois, Amerika Serikat, pernah menduga buah hatinya mengalami retinoblastoma setelah melihat hasil foto yang memperlihatkan mata anaknya berwarna putih. Umumnya, jika suatu foto diambil menggunakan flash-light, yang terlihat pada mata normal adalah warna merah.

Retinoblastoma sendiri merupakan kanker yang menyerang retina, yaitu jaringan yang terletak di belakang mata dan sangat sensitif terhadap cahaya. Menurut data dari rumah sakit St. Jude Children, pada kebanyakan kasus, kanker ini hanya menyerang sebelah mata saja. Selain itu, gejala dapat dilihat dengan memerhatikan warna pupil yang berubah menjadi warna putih atau kuning—sehingga ilmuwan kerap menyebutnya sebagai gejala “mata kucing.”

Kanker ini dapat disembuhkan jika gejalanya sudah terdeteksi sejak awal. Namun, menurut jurnal NIH, jika terlambat ditangani, kanker ini akan dengan segera menyebar ke organ tubuh lain sehingga kematian menjadi risikonya.