Implantasi Bulu pada Sayap Burung

By , Kamis, 14 Mei 2015 | 11:00 WIB

Sayap adalah bagian penting yang dimiliki burung. Tapi untuk burung pemangsa, sayap berarti segalanya. jika sayap mereka patah, tentunya tak ada mangsa yang akan didapat untuk bertahan hidup.

The Teton Raptor Center melakukan proses imping—implantasi untuk mengganti bulu sayap burung yang rusak dengan yang baru, dengan harapan sang burung dapat terbang kembali ke alam bebas.

Pada proses imping tersebut, si burung pasien akan menerima donor bulu yang ditempelkan ke sayapnya untuk mengganti bulu yang rusak. Tak seperti proses transplantasi organ pada manusia, donor bulu yang diterima sang burung tak pernah tak cocok.

Di akhir bulan lalu, klinik Teton Raptor berhasil melepas tiga burung pemangsa setelah sebelumnya berhasil mengimplan bulu pada sayap mereka yang terluka. Salah satu dari ketiga burung tersebut telah kehilangan seluruh bulu pada sayap kirinya, dan sayapnya tumbuh kembali dengan arah dan bentuk yang tidak sama seperti seharusnya. Tim kemudian berusaha melakukan operasi peranggasan kedua dengan pengobatan tiroid. Pengobatan itu berhasil dengan sukses, memberikan kesempatan sang elang Swainson untuk kembali memburu mangsa favoritnya di alam bebas.