5 Cara Sederhana Kurangi Gas Rumah Kaca

By , Senin, 18 Mei 2015 | 08:00 WIB

Kini bukan saatnya bagi kita untuk menutup mata terhadap perubahan iklim yang kian mencemaskan. Berikut adalah 5 kebiasaan sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengurangi produksi emisi Gas Rumah Kaca!

  1. Biasakan diri untuk berjalan kaki atau bersepeda setiap harinya. Bila berpergian cukup jauh, gunakan alat transportasi umum. Hal ini akan mengurangi pembakaran bahan bakar fosil dan tentunya baik untuk kesehatan!
  2. Menggunakan energi listrik, bahan bakar minyak, gas, dan air dengan bijak.
  3. Mengurangi penggunaan kertas artinya kita bisa memperpanjang kehidupan pohon-pohon, baik yang ada di hutan industri maupun hutan primer. Keberadaan pohon di dunia berperan penting untuk menghasilkan oksigen dan melindungi bumi kita dari peningkatan suhu udara. Kemudian, karbon yang diserap di dalam jaringan tumbuhan kayu dapat berguna bagi kehidupan kita.
  4. Tahukah anda bahwa 269.000 ton sampah plastik mengambang di laut? Lalu berapa banyak yang tertinggal di darat? Dengan mengurangi penggunaan plastik sekali pakai artinya kita telah mengurangi jumlah sampah yang sulit terurai.
  5. Mengolah sampah organik menjadi kompos dan mengolah sampah non-organik menjadi kreativitas.