Roket Proton-M Meledak, Rusia Gelar Penyelidikan

By , Minggu, 17 Mei 2015 | 16:00 WIB

Perdana Menteri Rusia Dmitri Medvedev telah memerintahkan pembentukan komisi khusus untuk menyelidiki kegagalan peluncuran roket Rusia yang membawa satelit Meksiko ke antariksa, Sabtu (16/5).

Pengumuman penyelidikan itu disampaikan beberapa jam setelah roket Proton-M dan muatannya meledak di langit Kazakhstan sekitar delapan menit setelah diluncurkan.

Badan Antariksa Federal Rusia Roscosmos dalam laporan pendahuluannya mengatakan masalah mesin kemudi pada roket itu muncul pada tahap ketiga peluncuran itu.

Kantor berita Rusia Interfax mengutip juru bicara Roscosmos mengatakan, perintah penyelidikan yang dikeluarkan Medvedev itu mencakup instruksi untuk menentukan “penyebab pasti” kegagalan peluncuran tersebut. Selain itu juga menyampaikan usul pertanggungjawaban keuangan dan pribadi atas insiden tersebut.

Kegagalan peluncuran Proton-M terakhir terjadi sekitar satu tahun lalu dan kemudian diketahui penyebabnya juga terjadi tahap ketiga peluncuran roket tersebut. Sebelum kegagalan hari Sabtu ini, sudah ada enam peluncuran berturut-turut yang dinilai berhasil.