Hujan Laba-Laba di Daratan Australia

By , Rabu, 20 Mei 2015 | 14:30 WIB

Minggu lalu, berjuta-juta laba-laba turun menghujani bagian Southern Tableland di Australia, menutupi lahan dengan benangnya.

Fenomena yang disebut sebagai mass ballooning events ini bukan hal yang baru bagi warga Australia. Sebelumnya, peristiwa langka ini juga terjadi di Northern Hemisphere, juga di beberapa wilayah di Amerika Serikat dan Inggris. Fenomena ini terjadi jika sekumpulan laba-laba melakukan migrasi. Rick Vetter, seorang ahli laba-laba dari Univesity of California, menjelaskan bahwa fenomena ini bukanlah hal yang tak biasa. “Mereka akan mendaki hingga titik teratas habitat mereka, mengarahkan ujung bokong mereka ke udara, kemudian mulai melontarkan jaringnya lalu meluncur turun,” jelasnya, seperti dikutip Live Science (15/5).

Laba-laba yang menghujani wilayah tenggara Tableland, Australia ini merupakan jenis laba-laba kecil yang dinamakan money spider.

Robb Bennet, seorang peneliti serangga di Royal British Columbia Museum di Victoria, mengatakan bahwa belum jelas apa yang memicu jutaan laba-laba tersebut mendaki ujung tertinggi dari habitat mereka kali ini.