Pemanasan Suhu Arktik Penyebab Cuaca Ekstrem?

By , Kamis, 21 Mei 2015 | 18:00 WIB

Studi menemukan bahwa suhu di wilayah Arktik yang meningkat lebih cepat dibanding wilayah-wilayah lain di sekitar lintang tengah menjadi penyebab terjadinya perubahan cuaca yang parah di beberapa negara seperti Amerika dan Inggris.

Sebelumnya, pernah ada hipotesa yang mengatakan bahwa suhu yang kian memanas di wilayah Arktik menyebabkan cuaca dingin berkepanjangan selama musim dingin di Inggris pada tahun 2013-2014, juga beberapa fenomena yang terjadi di wilayah East Coast Amerika.

Temuan terbaru ini juga mendukung adanya hipotesa bahwa pemanasan di Arktik mengubah pola cuaca di daerah sekitar garis lintang tengah Bumi.

Menurut anggota tim peneliti, profesor Hanna dan Richard Hall, perubahan cuaca yang terjadi menyebar di seluruh wilayah dalam musim-musim tertentu. “Hasil penelitian ini menunjukkan bukti baru terkait dampak pemanasan global, tapi karena perihal perubahan iklim adalah hal yang kompleks, masih harus dilakukan penelitian yang lebih mendalam,” jelas mereka, seperti yang dikutip Science Daily (20/5).