Di Manakah Lift Tercepat di Bumi?

By , Selasa, 26 Mei 2015 | 21:00 WIB

Taipei 101 yang dibangun pada 2004 di Taipei, Taiwan, pernah menjadi gedung tertinggi di dunia. Sesuai dengan namanya, pencakar langit ini menjulang 101 tingkat, dengan ketinggian 508 meter dari tanah.

Dengan tinggi mencapai setengah kilometer di atas permukaan bumi ini, gedung ini tentu saja membutuhkan lift atau elevator yang bisa mengantarkan penumpangnya dengan cepat ke tujuan masing-masing.

Toshiba pun mendesain elevator tercepat di dunia, yang disebut sebagai ultra high speed, bagi gedung ini. Lift ini mampu yang mengantarkan 24 penumpang dari tingkat satu ke tingkat 89 yang merupakan lantai observasi, hanya dalam waktu 39 detik. Hal ini mampu dilakukan karena lift memiliki kecepatan 1.010 meter per menit, atau setara dengan 60 kilometer per jam.

Laman taipei-101.com menyatakan bahwa elevator ini memiliki teknologi yang bisa mengatur perubahan tekanan atmosfer di dalam kapsul, yang terletak di bagian bawah. Dengan demikian, telinga kita tak akan sakit saat meroket ke lantai atas.

Sebelumnya, rekor elevator tercepat dipegang oleh Yokohama Landmark Tower di Jepang, dengan kecepatan 750 meter per menit.