Apa Penyebab Terjadinya Gelombang Panas di India?

By , Rabu, 27 Mei 2015 | 13:00 WIB

Gelombang panas yang menyapu sejumlah kawasan di India hingga kini telah menelan korban jiwa hingga 800 orang. Ilmuwan memperkirakan gelombang panas masih akan melanda hingga dua hari ke depan, meluas hingga ke daerah New Delhi,  Negara Bagian Haryana, Negara Bagian Chandigarh, Negara Bagian Punjab, sebagian Negara Bagian Odisha, dan Vidarbha di Negara Bagian Maharashtra.

Menurut dosen Meteorologi Institut Teknologi Bandung, Zadrach Ledoufij Dupe, gelombang panas yang menyerang sejumlah kawasan di India itu terjadi akibat pergerakan massa udara yang lembab dan panas dari kawasan di Samudra India yang memasuki kawasan India. Ditambah lagi, udara dingin dari Pegunungan Himalaya sudah jauh berkurang akibat datangnya musim panas.

Serangan udara panas itu lantas menyebabkan gangguan metabolisme tubuh manusia. Jantung harus bekerja lebih ekstra untuk membantu terjadinya proses berkeringat, reaksi tubuh terhadap kondisi panas. Kerja ekstra dari jantung dapat memicu terjadinya gagal jantung, yang rentan dialami oleh orang tua.