Italia Bantu Selamatkan Ribuan Imigran Afrika

By , Sabtu, 30 Mei 2015 | 17:40 WIB

Italia membantu menyelamatkan lebih dari 3.300 imigran yang mencoba menyeberangi laut Mediterania, kata penjaga pantai negara itu. 

Dalam sebuah operasi penyelamatan, tim penyelamat menemukan 17 mayat di tiga kapal berbeda. Mereka juga berhaisl menyelamatkan 217 orang di sebuah kapal. 

Penjaga pantai Italia mengatakan, mereka menerima panggilan pertolongan dari 17 kapal berbeda pada Jumat (29/5) lalu. 

Sepanjang tahun 2015 yang belum berjalan sampai empat bulan ini saja, diperkirakan 900 pengungsi tewas saat berupaya menyeberangi Laut Mediterania. (Juan Medina/Reuters via BBC Indonesia)

Organisasi Migrasi Internasional, IOM, mengatakan setidaknya 1.826 orang imigran tewas saat mencoba menyeberangi laut Mediterania sejak 2015. 

Data ini menunjukkan terjadinya peningkatan hampir 30 kali lipat dibanding periode yang sama pada tahun lalu, kata IOM. 

Dari Libia, Suriah dan Somalia 

Surat kabar Corriere della Serra mengatakan, sebagian besar penyelamatan yang berlangsung pada Jumat terjadi di dekat pantai Libia. 

Kapal Irlandia, Jerman dan Belgia ikut ambil bagian dalam upaya penyelamatan itu, lapor surat kabar itu. 

Juan Medina memenangi penghargaan pers dunia berkat fotonya tentang imigran di Laut Mediterania, 2004 lalu. (Juan Medina/Reuters via BBC Indonesia)

PBB memperkirakan sedikitnya 40.000 orang mencoba untuk menyeberangi laut Mediterania sejak awal 2015 hingga akhir April lalu. 

Kenaikan angka ini terkait kekacauan politik di Libya serta yang berusaha melarikan diri dari konflik atau kemiskinan di negara-negara seperti Suriah, Eritrea, Nigeria dan Somalia.