Ekspedisi Nusantara Jaya Diresmikan Hari Ini

By , Senin, 1 Juni 2015 | 09:40 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla dijadwalkan meresmikan Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) di Dermaga Komando Lintas Laut Militer, Tanjung Priok, Jakarta, Senin (1/6/2015). Kalla akan didampingi Menteri Koordinator Bidang Maritim Indroyono Soesilo.

Peresmian ini dijadwalkan berlangsung pada pukul 09.00 WIB. Pantauan di lokasi acara, KRI Banda Aceh dan KRI Tanjung Nusanive sudah siap di dermaga. Tampak pula sebuah kapal Rumah Sakit Doctor Share yang akan ikut dalam rombongan ekspedisi.

Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) ini merupakan salah satu upaya uji coba gagasan tol laut. ENJ dijadwalkan berlangsung pada 1-30 Juni 2015 dengan menyinggahi 540 pelabuhan di seluruh Indonesia, menggunakan 86 kapal perintis, satu kapal KRI Banda Aceh, dan dua kapal Rumah Sakit Doctor Share.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang Indonesia Bidang Kelautan dan Perikanan Yugi Prayanto menyampaikan bahwa Kadin siap memberikan bantuan bahan pokok kepada masyarakat di wilayah yang disinggahi selama ekspedisi tersebut. Bantuan itu meliputi produk perikanan, obat-obatan, buku, maupun pasar murah di Indonesia timur. Kapal juga akan mengangkut produk unggulan dari Indonesia timur untuk dipasarkan ke Pulau Jawa.

Deputi Koordinator Sumber Daya Manusia, Ilmu Pengetahuan Teknologi, dan Budaya Maritim Safri Burhanuddin mengatakan, program ENJ berawal dari gagasan Presiden Jokowi tentang tol laut karena mencermati lonjakan harga yang kerap terjadi di daerah terpencil akibat tingginya biaya distribusi. Ekspedisi itu bertujuan menghubungkan satu daerah dengan daerah lainnya guna memangkas jalur distribusi barang dari satu daerah ke daerah lain.