Dari Mana Pejalan Mendapatkan Informasi?

By , Senin, 1 Juni 2015 | 11:15 WIB

Para pejalan sekarang lebih mempercayai situs daring (online) semacam forum dan blog sebagai acuan dalam merencanakan perjalanannya. Demikian menurut survei yang dilakukan oleh Agoda.com, sebuah layanan booking hotel.

Survei ini dilakukan pada bulan April dan Mei 2015, melibatkan lebih dari 5.500 responden yang juga pelanggan Agoda.com dari seluruh dunia. Topiknya adalah sumber-sumber mana yang dijadikan panduan yang terpercaya saat mereka hendak melakukan perjalanan. Hasilnya, forum online adalah yang terpopuler dengan persentasi jawaban sebesar 34%.

Peringkat kedua terbanyak ditempati oleh blog dan situs perjalanan pribadi/independen dengan persentasi 28%. Bila digabungkan, sumber panduan secara online yang di dalam nya termasuk forum, blog, dan aplikasi (mobile apps) menjadi total 71% dari seluruh hasil survei yang dijawab oleh responden.

“Tidak mengherankan apabila para pelaku perjalanan sekarang lebih banyak menggunakan panduan wisata online. Saat mereka mengeksplorasi internet dan mendapatkan beragam sumber informasi, mereka bisa mencari informasi apa pun yang diperlukan dan belajar dari pengalaman para traveler lain yang dibagikan di internet dalam waktu cepat, beda dari masa sebelumnya,” ucap John Brown, Kepala Pelaksana Operasional Agoda.com.

Sementara itu, hanya 12% responden yang masih menggunakan buku panduan wisata (cetak) sebagai sumber rujukan.

Survei ini juga mengungkap bagaimana para responden berbagi pengalaman wisata mereka kepada publik. Sebanyak 79% responden menyatakan mereka mem-posting ulasan, komentar di blog, atau media sosial untuk berbagi kisah dan pengalaman kepada para pengikut dan pembaca situs-situs perjalanan.