10 Fakta Kesehatan Global yang Perlu Kita Ketahui

By , Kamis, 4 Juni 2015 | 10:00 WIB

Pada tanggal 7 April dunia merayakan Hari Kesehatan Sedunia. Peringatan itu sendiri diselenggarakan untuk memperingati pendirian Organisasi Kesehatan Dunia WHO, sekaligus untuk menarik perhatian dunia tentang masalah-masalah kesehatan yang bersifat global. Mengutip dari Who.int, berikut 10 fakta kesehatan global yang terjadi hingga artikel ini ditulis:

  1. Harapan hidup kelahiran meningkat secara global menjadi 6 tahun sejak 1990. Seorang bayi yang lahir pada 2012 bisa berharap hidup hingga usia 70 dalam rata-rata—62 di usia negara berpenghasilan rendah dan 79 di negara berpenghasilan tinggi. 

  2. Sekitar 6,6 juta anak meninggal setiap tahunnya. Hampir seluruh kehidupan anak-anak bisa diselamatkan jika mendapatkan akses yang layak: ASI eksklusif, vaksin murah, obat-obatan, air bersih, dan sanitasi yang baik.

  3. Kelahiran prematur menjadi “predator” utama baru bayi yang baru lahir di dunia. Setiap tahunnya, ada 15 juta bayi—sekitar 1 dari 10 bayi—lahir dalam keadaan prematur (mbrojol sebelum kehamilan memasuki minggu ke-37). Komplikasi kelahiran prematur menyebabkan lebih dari satu juga kematian setiap tahun. Lebih dari tiga perempat dari kehidupan bayi “bisa diselamatkan dengan perawatan sederhana dan hemat biaya”.

  4. Penyakit kardiovaskular menjadi menyebab utama kematian di dunia. Sekitar 3 dari 10 kematian secara global disebabkan oleh penyakit kardiovaskular—penyakit jantung dan pembuluh darah yang dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke. Setidaknya 80% dari kematian dini akibat penyakit jantung bisa dicegah melalui diet sehat, olahraga teratur, dan menghindari rokok.

  5. Kematian yang disebabkan oleh HIV/AIDS terjadi di Afrika. Sekitar 70% dari semua kematian HIV/AIDS pada 2012 terjadi di sub-Sahara Afrika. Secara global, jumlah orang meninggal gara-gara HIV/AIDS mengalami penurunan; dari 2,3 juta kematian pada 2005 menjadi 1,6 juta pada 2012.

6. Setiap hari, sekitar 800 perempuan meninggal karena komplikasi kehamilan dan persalinan. Kematian ibu merupakan indikator kesehatan yang menunjukkan kesenjangan yang sangat lebar antara si kaya dan si miskin.7. Gangguan kesehatan mental seperti depresi adalah salah satu dari 20 penyebab utama kecacatan di seluruh dunia. Depresi mempengaruhi sekitar 300 juta orang di seluruh dunia dan jumlah ini diperkirakan akan terus meningkat. Ironisnya, kurang dari setengah dari orang-orang yang terkena dampak itu memiliki akses ke perawatan yang mewadai.8. Rokok membunuh hampir 6 juta orang setiap tahun. Lebih dari 5 juta dari kematian di seluruh dunia adalah hasil dari penggunaan rokok secara langsung sementara sisanya adalah tidak langsung (perokok pasif). Jika tindakan tidak segera dilakukan, pada 2030 diprediksi kematian akibab rokok bisa mencapai lebih dari 8 juta.9. Hampir 1 dari 10 orang dewasa memiliki diabetes. Hampir 10% dari populasi orang dewasa di seluruh dunia memiliki diabetes—diukur dengan kadar glukosa dalam darah (≥126 mg/dl). Orang dengan diabetes berisiko terkena jantung dan stroke. Kematian akibat diabetes telah meningkat sejak tahun 2000, mencapai 1,5 juta kematian pada 2012.10. Hampir 3500 orang meninggal akibat kecelakaan lalu lintas saban harinya. Kecelakaan lalu lintas itu diproyeksikan akan semakin meningkat dengan meningkatnya kepemilikan kendaraan bermotor pribadi di negara-negara berkembang. Untuk mengantisipasi persoalan ini, tentu saja ketegasan—termasuk aturan pemilikan kendaraan bermotor—di jalan raya harus lebih digalakkan.