Pesan Siti Nurbaya di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

By , Jumat, 5 Juni 2015 | 08:00 WIB

“Selamat memperingati Hari Lingkungan Hidup  Sedunia. Semoga kita bisa memaknainya sebagai momen untuk merenungkan fenomena alam yang terjadi di Indonesia.” ucap Siti Nurbaya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang ditemui di Shangri-La Hotel (4/6).

Sejak 1972, tanggal 5 Juni ditetapkan PBB sebagai Hari Lingkungan Hidup Sedunia untuk membuka Konferensi Lingkungan Hidup dan menggali kesadaran global akan keberadaan lingkungan yang positif.

Siti mengungkapkan bahwa peringatan ini adalah pintu untuk mengetuk rasa peka manusia dalam menjaga sumber kekayaan alam yang merupakaan suatu unsur penting dalam membangun dan menjaga ketahanan nasional. Baginya, animo masyarakat dan media yang begitu keras menyoroti isu lingkungan hidup memacu kinerja KLHK untuk terus membenahi diri.

Kakaktua jambul kuning berada di kandang setelah diserahkan oleh pemiliknya kepada posko Save Jacob Jambul Kuning di kantor Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Jakarta Pusat, Sabtu (9/5/2015). Posko ini dibuat setelah banyak laporan dari masyarakat yang ingin menyerahkan kakaktua jambul kuning agar bisa dirawat pemerintah. Kakaktua itu selanjutnya akan direhabilitasi dan diperiksa oleh dokter hewan lalu akan dikembalikan ke habitatnya. (TRIBUNNEWS/HERUDIN)

Isu lingkungan hidup dan sumber daya alam kini dinilai sudah setara dengan isu pertumbuhan ekonomi dan HAM. Sebagai komitmen KLHK untuk turut memperkuat benteng pertahanan nasional melalui semangat Nawacita, Siti memaparkan target-target yang akan segera dirampungkan. Di antaranya adalah memberantas kejahatan SDA, “Yang utama adalah kita akan memberantas kejahatan ini karena menjaga kualitas lingkungan hidup merupakan salah satu peran strategis pembangunan.” tandasnya.

Langkah lain yang akan dilaksanakan adalah memperbaiki aturan dan penegakan hukum di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Lemahnya penegakan hukum hingga saat ini dianggap masih menjadi momok utama, “Kami masih mendalami seluruh kejahatan SDA, terlebih lagi yang dilakukan oleh korporasi. Kedepannya akan ada tim khusus untuk menggagas penegakan hukum.” tukas Siti.

Ilustrasi: Konsep hijau (Thinkstock)

Pagi ini masyarakat diajak untuk bersama-sama memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Bogor. Dijadwalkan Presiden RI Joko Widodo akan turut hadir memberikan sambutan.