Penemuan Bangkai Oarfish Si Monster Laut

By , Jumat, 5 Juni 2015 | 12:30 WIB

Di pesisir pantai Catalina, yang letaknya 35 kilometer dari pantai Los Angeles, telah ditemukan bangkai ikan dayung raksasa (oarfish) sepanjang 4,3 meter.

Bangkai ikan yang kerap disebut sebagai monster laut itu ditemukan oleh Tyler Dvorak, bersama dengan timnya dari Badan Konservasi Pulau Catalina pada Senin (1/6) lalu.

Seperti namanya, oarfish atau ikan dayung memiliki fisik panjang layaknya dayung. Penemuan bangkai ikan ini menghebohkan, karena jarangnya sang ikan terlihat di permukaan. Mereka biasanya hanya melata di dasar laut. “Ikan ini biasanya hanya menggantung dengan posisi vertikal di air, dengan kepala sesekali menyentuh permukaan,” jelas Betrand Loyer, seorang produser yang pernah mendokumentasikan kehidupan ikan ini.

(Baca juga: Lima Fakta Oarfish Si Monster Laut)

Ketika Annie MacAulay, seorang ahli di bidang kelautan, menemukan bangkai oarfish tersebut, bagian ekor dan mata sang ikan sudah hilang. Dugaannya, binatang lain atau sejenis burung telah lebih dulu menemukan bangkai oarfish tersebut. Ikan itu kemudian dibuang kepala, isi perut, dan organ dalam lainnya untuk menghindari pembusukan, karena tim ahli dari Natural History Museum di Los Angeles ingin melakukan penelitian lebih lanjut menggunakan DNA ikan tersebut.