Inilah Taktik Sang Pilot Pesawat Solar Impulse 2 untuk Tetap Fokus

By , Jumat, 5 Juni 2015 | 14:30 WIB

Kedua pilot pesawat terbang Solar Impulse 2, Andre Borschberg dan Bertrand Piccard, memilki cara yang unik untuk tetap fit mengendarai pesawat bertenaga surya tersebut.

Keduanya ditugaskan untuk bergantian mempiloti pesawat yang diklaim paling ambisius, karena direncanakan untuk melintasi benua dan samudera selama 5 hari 5 malam tanpa setetes bahan bakar fosil.

Agar tetap terjaga selama mengendarai pesawat, Borschberg berencana untuk tidur selama 20 menit 10 sampai 12 kali sehari saat pesawat dalam keadaan autopilot. Sementara itu, partner terbangnya Piccard kerap bermeditasi atau melakukan hipnotis diri untuk tetap fokus selama penerbangan. Jika biasanya untuk fokus adalah melihat, mendengar, dan merasa apa yang ada di luar tubuh seseorang, Piccard berkata bahwa ia melakukan kebalikan dari itu semua. “Ketika saya melakukan hipnotis diri, saya mengubah pandangan dari luar tubuh saya ke dalam,” jelasnya. Dengan begitu, tubuhnya lebih rileks namun pikirannya menjadi lebih waspada.

Piccard mengaku ia telah berlatih meditasi itu sejak tahun 1992,  saat ia ditugaskan untuk menyebrangi Samudra Atlantik selama lima hari dengan menggunakan pesawat kapsul kecil.