Kenali 3 Astronaut Paling Terkenal

By , Jumat, 5 Juni 2015 | 17:10 WIB

Ada banyak astronaut yang berjasa bagi manusia dan pengembangan ilmu astronomi yang selama ini kita dapatkan. Tapi beberapa nama di bawah ini mungkin tidak akan lepas dari daftar astronaut paling populer yang kita temui. Berikut adalah tiga nama astronaut paling populer yang kami rangkum dari Universe Today:

Dialah orang pertama yang pergi ke luar angkasa. Ia lahir 9 Maret 1934, di desa Klushino di Semolensk Oblast. Lima tahun sebelum penerbangan luar angkasanya yang pertama, Gagarin terdaftar sebagai tentara Angkatan Udara Uni Soviet di tahun 1955. Dari sana, ia berlatih menggunakan pesawat jet fighter hingga kemudian terpilih bersama 19 orang pilot lainnya untuk bergabung di tim Soviet Space Program.

Tak lama setelahnya, Gagarin juga terpilih untuk menjadi bagian dari grup Sochi Six, suatu tim kosmonot di balik pembentukan program Vostok. Tak lama setelah mengikuti pelatihan di tim itu, ia terpilih menjadi orang pertama untuk dikirim ke luar angkasa pada 12 April 1961, menggunakan pesawat antariksa Vostok 1.

Ia meninggal pada 27 Maret 1968 setelah melakukan olahraga rutin. Di Rusia, tanggal keberangkatan Gagarin ke antariksa (12 April) diperingati sebagai Hari Kosmonaut, sebagai bentuk penghormatan untuk mendiang Gagarin. 

Alan Bartlett Shepard (NASA)

Pria yang lahir di Pebble, California, tanggal 18 November 1823 ini merupakan manusia kedua yang berhasil pergi ke antariksa, dengan mengemban misi NASA yang dinamakan Freedom 7. Kala itu, 5 Mei 1961, ia terbang mengelilingi suborbital Bumi.

Ia lalu terpilih untuk memimpin misi Apollo 14, penerbangan ke-3 yang berhasil mendarat di Bulan.

Ia meninggal pada 21 Juli 1998 akibat penyakit leukemia yang dideritanya. 

Valentina Tereshkova. (Roscosmos)

Setelah penerbangan bersejarah Gagarin di tahun 1961, Rusia juga mengirim wanita pertama ke luar angkasa. Wanita itu adalah Valentina Tereshkova, yang lahir di sebuah desa kecil Maslennikovo pada 6 Maret 1937.

Kegemarannya melakukan terbang parasut mengirim wanita ini masuk ke angkatan kosmonaut wanita di usianya yang baru menginjak 25 tahun. Ia lalu terpilih dari ratusan pilot wanita lainnya untuk terbang keluar angkasa, pada misi Vostok 6, 16 Juni 1963. Misi itu membawanya terbang mengelilingi Bumi sebanyak 48 kali.