Hubungan Penurunan Kemampuan Mencium Bau dengan Kematian

By , Sabtu, 6 Juni 2015 | 12:30 WIB

Anda memiliki masalah dengan indera penciuman? Jika ya, maka berwaspadalah. Sebuah penelitian mengungkap, orang yang memiliki masalah dengan indera penciuman memiliki risiko kematian lebih cepat.

Riset dilakukan pada lebih dari 1.100 orang dewasa di New York dengan rata-rata usia 80 tahun. Partisipan menjalani tes penciuman pada 40 bau. Jika mereka hanya dapat menjawab 18 bau yang benar, maka dikategorikan memiliki kelemahan pada indera penciumannya.

Studi ini mendapatkan hasil, partisipan yang memiliki indera penciuman lemah memiliki risiko kematian empat tahun lebih cepat. Apa yang menyebabkan indera penciuman tidak berfungsi maksimal? Menurut penelitian ini, faktor usia, alkohol, cedera kepala, merokok hingga demensia menjadi penyebab melemahnya penciuman.

Penurunan indera penciuman juga disebakan karena sell tubuh tidak lagi mampu beregenrasi seperti semula. Penelitian akan terus dikembangkan. Tujuannya membuktikan apakah orang muda juga dapat mengalami kematian lebih cepat akibat pelemahan indera penciuman.