Beta Karoten dan Vitamin A pada Wortel, Mana yang Berkhasiat untuk Kesehatan Mata?

By , Senin, 8 Juni 2015 | 16:35 WIB

Banyak orang yang mengatakan bahwa untuk menjaga kesehatan mata salah satunya adalah dengan cara mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin A, misalnya wortel. Bahkan, sejak kita masih kecil, kita diberitahu oleh orangtua atau guru kita bahwa wortel mengandung vitamin A yang baik untuk mata. Namun, tahukah kita bahwa wortel dan sayur lainnya baik untuk mata karena beta-karoten, bukan vitamin A?

Beta-karoten disebut juga sebagai pro-vitamin A. Beta-karoten adalah senyawa antioksidan yang memiliki aktivitas mirip dengan vitamin A, dan kemudian diubah menjadi vitamin A di dalam tubuh.

Lalu, sebenarnya apa fungsi dari beta-karoten dan vitamin A untuk kesehatan mata kita? Beta-karoten memiliki fungsi menghambat penuaan pada otot mata, sehingga dapat mencegah kebutaan di usia senja. Sedangkan vitamin A memiliki fungsi untuk menjaga kejernihan kornea (sel tertular pada mata) dan menjadi komponen yang penting dalam sel-sel retina.

Tidak hanya wortel yang merupakan sumber beta-karoten yang baik, namun juga ada makanan lain, seperti mangga, labu, ubi, brokoli, dan sayuran berdaun hijau gelap. Kita juga tidak boleh lupa untuk mengonsumsi makanan yang merupakan sumber vitamin A agar kita mendapatkan mata yang sehat secara maksimal, seperti susu dan kuning telur.

Sekarang kita tahu bahwa wortel baik untuk kesehatan mata karena kandungan beta-karotennya, bukan vitamin A. Jangan lupa makan wortel, ya!