Apakah Anda Termasuk Kaum Minoritas yang Jarang Sakit?

By , Senin, 8 Juni 2015 | 18:30 WIB

Jika Anda adalah orang yang sangat jarang sakit, berarti Anda termasuk dalam kalangan minoritas di dunia. Pasalnya, ilmuwan telah meneliti bahwa hanya 4,3 persen dari total penduduk dunia yang tidak mengalami masalah kesehatan sama sekali.

Data itu didapat setelah mereka meneliti pelbagai penyakit, yakni sebanyak 300 jenis baik dari penyakit ringan seperti jerawat dan PMS sampai penyakit kronis seperti penyakit jantung dan diabetes. Data itu dikumpulkan dari 188 negara.

Dari data, diketahui sebanyak 2,3 juta orang di seluruh dunia pernah mengalami lebih dari lima penyakit ringan. Di negara berkembang, sebanyak 65 persen dari total populasi manusia berusia 80 tahun atau lebih memiliki sembilan sampai sepuluh jenis penyakit. Beberapa di antaranya malah memiliki lebih dari sepuluh jenis penyakit.

Dari data itu pula peneliti menemukan bahwa dalam dua dekade terakhir, sejumlah orang yang mengalami disabilitas meningkat, dari 537,6 juta jiwa di tahun 1990 menjadi 764,8 juta di tahun 2013. Diduga, peningkatan jumlah penderita disabilitas itu disebabkan oleh meningkatnya pertumbuhan populasi dari masa ke masa.

Penyebab utama yang menyebabkan kondisi disabilitas di seluruh dunia adalah penyakit tulang belakang, depresi akut, sakit leher, migrain, diabetes, dan gangguan psikis. Para ilmuwan berpendapat bahwa perhatian khusus terhadap isu kesehatan tersebut perlu ditingkatkan lagi. 

“Dengan begitu warga dunia akan memprioritaskan masalah kesehatan mereka, sehingga tak hanya membuat mereka hidup lebih lama, tapi juga sehat selamanya,” jelas Theo Vos, profesor kesehatan dari University of Washington.