Ingin Berpelesir Ke Johor, Malaysia? Berikut Panduannya

By , Sabtu, 13 Juni 2015 | 13:30 WIB

Johor adalah salah satu tujuan berlibur yang banyak diminati. Ibarat berlian kasar, walau banyak tempatnya masih kurang dalam pengecatan, tempat ini layak ditelusuri. Berlokasi di bagian selatan Semenanjung Malaysia, Johor bisa ditelusuri melalui perjalanan darat selama kurang dari tiga jam.

Kapankah saat yang tepat untuk mengunjungi Johor? Musim panas jawabannya, bagi Anda yang gemar makan durian. Karena di saat inilah Johor menawarkan durian terbaik. Namun, di musim libur ini Taman Nasional Endau Rompin, salah satu pariwisata utama di Johor, pasti akan lebih ramai dari waktu lain. Jika Anda tetap ingin berkunjung ke taman nasional tersebut, tidak dianjurkan di bulan November sampai Maret karena akan ditutup.

Penginapan adalah salah satu aspek krusial ketika melakukan perjalanan. Berikut beberapa penginapan terbaik di Johor:

1. Hotel Thistle Johor Baru yang menawarkan pemandangan Johor Strait.

2. Puteri Pacific, berlokasi di pusat kota Johor Bahru.

3. Hotel Jen Puteri Harbour, hotel terbaru dan terletak di sebelah taman rekreasi Legoland di Nusajaya, Johor Selatan.

4. Hotel Havanita, di Mersing.

5. Riverview Hotel di Muar.

6. Rawa Island Resort, di lepas pantai timur dari Johor.

Kuliner adalah salah satu kenikmatan ketika melakukan perjalanan, terlebih ke luar negeri. Nikmati makanan khas Johor di warung-warung jajan seperti yang ada di area Meldrum Walk di Johor Bahru. Daging kambing rebus pedas dengan nasi adalah salah satu yang ditawarkan di sana. Ada pula roti canai, kuliner khas India.

Hiap Joo Bakery, yang berlokasi di Kota Tua Johor Bahru, menyediakan lusinan jenis roti fresh dari oven berkayu bakar. Anda bisa menikamti sajian roti yang masih panas ini berhadapan dengan Kedai Kopi Kin Wah yang menarik perhatian dengan sarapan ontetiknya: kaya toast (roti dengan selai kelapa dan telur). Di Myra Bistro, M Suits Hotel, Anda dapat menemukan menu-menu makanan khas Johor yang sulit ditemui.

Di pesisir barat, di desa Kukup, restoran penyedia ikan menyediakan udang yang masih fresh dari laut. Bagi Anda yang vegetarian, Anda bisa menemukan buah naga dan sayuran kukus di Zenxin Organic Park, di luar Kluang. Buah dan sayuran yang disediakan ini diambil langsung dari lahan pertaniannya.

Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak informasi mengenai Johor, A Short History of Malaysia (oleh Virginia Matheson Hooker) dan What Your Teacher Didn't Tell You (oleh Farish A. Noor) adalah dua bacaan yang terekomendasi. Selain itu ada pula Evening Is the Whole Day (oleh Preeta Samarasan) yang mengisahkan keragaman Malaysia di masa modern.