Cryobot, Robot "Penggali Terowongan" Diharapkan Dapat Menjelajahi Bulan-Bulan Dingin

By , Selasa, 23 Juni 2015 | 11:30 WIB

Robot Cryobot, yang dirancang untuk  menuruni terowongan melalui tudung es tebal dan menembus tanah bawah laut, kini tengah menjalani tes Matanuska gletser di Alaska. Adanya Cryobot membuka kesempatan di suatu hari nanti untuk menjelajahi Samudera bawah tanah Europa—bulan Jupiter— atau bulan-bulan dingin lain dari luar tata surya.

Europa kembali menjadi tujuan untuk eksplorasi. Anggaran NASA untuk tahun fiskal 2016 mencakup sekitar $30 juta untuk pengembangan lebih lanjut dari konsep Europa Clipper, misi ke Europa untuk  mencari tanda-tanda kemungkinan kelayakan huni bulan es. Namun, yang berpotensi dihuni tidak sama dengan yang dapat dihuni. Untuk menemukan kehidupan, pada akhirnya misi harus mendarat di permukaan dan pergi ke bawah es di bawah laut. Europa Clipper, jika dan saat diluncurkan suatu waktu sekitar tahun 2025, akan melakukan pengintaian dari permukaan untuk tempat yang aman dan secara ilmiah menarik untuk mendarat.

"Dengan asumsi bahwa Europe ditemukan potensi untuk dihuni, misi berikutnya mungkin dapat mendarat dan mungkin mencoba untuk melakukannya di bawah es," kata Louise Prockter, seorang ilmuwan planet di Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins dan wakil ilmuwan dalam pra-proyek misi Clipper.