Manfaat Sehat dari Buah Alpukat

By , Selasa, 16 Juni 2015 | 13:25 WIB

Tidak ada alasan untuk tak menyukai alpukat. Alpukat sendiri merupakan salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi di dalamnya, termasuk karbohidrat, lemak, serat, protein dan lainnya. Nutrisi tersebut jelas bisa dimanfaatkan manusia dalam menyehatkan tubuh. Berikut adalah empat manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh.1.  Menurunkan bobot tubuhSebuah studi dari Journal Nutrition menemukan, mengonsumsi setengah alpukat sebagai makan siang mampu membuat kita kenyang hingga sore hari. Kita bisa menyertakan alpukat pada menu makan siang, seperti salad, atau sup. Hasilnya, kita bisa merasa lebih kenyang hingga sore hari dan menghindari keinginan untuk nyemil.

2. Menyehatkan tubuhPecinta alpukat pada dasarnya identik dengan pecinta kesehatan. Setelah meneliti 17.567 orang dewasa, sebuah studi yang dilakukan oleh Centers of Disease Control and Prevention ini menemukan, orang yang makan setengah buah alpukat per hari lebih sehat daripada mereka yang tidak. Hal itu karena alpukat memiliki lebih banyak serat, vitamin, mineral, dan lemak baik. Terlebih, mereka yang mengonsumsi buah alpukat ini memiliki indeks massa tubuh yang lebih rendah, ukuran pinggan yang kecil, serta kadar kolesterol yang sehat.

3. Baik untuk kulitKandungan lemak baik dalam alpukat membantu menyehatkan kulit, rambut, dan kuku. Selain itu, alpukat juga mengandung lutein yang membantu meningkatkan kesehatan mata.

4. Menurunkan tekanan darahAlpukat kaya akan kalium yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Untuk mengetahui manfaat buah alpukat bagi kesehatan tubuh, setidaknya, setengah alpukat mengandung 487 miligram kalium, sedangkan pisang, yang lebih dipercaya kaya akan kalium, hanya mengandung sebanyak 422 miligram kalium.