Seberapa Penting Menggunakan <i>Dental Floss</i>?

By , Kamis, 18 Juni 2015 | 09:00 WIB

Pernahkah Sahabat menggunakan dental floss atau benang gigi? Seberapa perlukah menggunakannya?

Menurut Caren Barnes, seorang profesor kesehatan dan kebersihan gigi dari University of Nebraska Medical Center,  tujuan menggunakan benang gigi adalah membersihkan plak dan biofilm dari permukaan gigi, terutama dari permukaan yang susah terjangkau sikat gigi, seperti permukaan yang terdapat di antara dua gigi.

Dental floss berguna membersihkan plak yang terbentuk akibat berkumpulnya mikroorganisme karena proses gosok gigi yang tidak bersih. Saat kita mengonsumsi karbohidrat, mikroorganisme yang terdapat di plak gigi tersebut mengubah karbohidrat menjadi asam yang menyerang enamel gigi. Asam akan memperkeras enamel, sehingga terbentuklah karies atau rongga pada gigi.

Tak hanya itu, mikroorganisme pada plak gigi membuat terjadinya peradangan pada jaringan lunak, yaitu gingival atau gusi. Peradangan yang terus menerus akan merusak struktur jaringan lunak yang lebih dalam dan akhirnya menyerang tulang dalam yang menyokong gigi. Untuk mencegah hal itu terjadi, maka penggunaan benang gigi menjadi sangat perlu dan bermanfaat.

Perlunya menggunakan dental floss juga didukung oleh Dr. Walter Bretz, seorang profesor caiology and comprehensive care di New York University College of Dentistry. Menurutnya, ungkapan “floss or die” perlu ditekankan guna mencegah penyakit fatal lainnya yang terkait dengan kebersihan mulut dan gigi, seperti penyakit gangguan kardiovaskuler, diabetes, obesitas, pneumonia, dan lain sebagainya. Ia menyarankan penggunaan dental floss selama dua kali dalam sehari, yakni pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.