Otak "Menyala" seperti Lampu Saat Mengingat

By , Rabu, 17 Juni 2015 | 10:30 WIB

Kita pasti sering menemukan ilustrasi lampu menyala yang kerap digambarkan ilustrator dan para kartunis saat tokoh ciptaannya mendapatkan ide atau gagasan baru. Ternyata hal itu bukanlah metafora belaka.

Sejumlah ahli neurosains dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa ketika otak manusia sedang memproses ingatan baru, beberapa bagian pada otak akan menyala, menandakan adanya aktivitas yang tengah terjadi di bagian otak tersebut. 

Pada penelitian itu, mereka memberikan pelajaran baru mengenai diet dan habitat dari delapan jenis hewan yang terancam punah kepada 16 orang partisipan. Sementara para partisipan mempelajarinya, peneliti merekam kegiatan otak mereka menggunakan mesin fMRI. Hasilnya, mereka menemukan titik yang sama yang ada pada otak ke-16 partisipan ketika sedang mengingat informasi baru tentang hewan langka tersebut. Namun, rekaman yang berbeda terlihat saat partisipan mengingat bentuk dan rupa objek yang diingatnya (dalam hal ini, rupa hewan langka yang terancam punah).

Perbedaan pada tiap otak individu dalam menggambarkan rupa objek yang diingat tersebut dinamakan “activation signature—tanda aktivasi” suatu kombinasi unik dari wilayah otak yang teraktivasi.