<i>Tato</i> yang Bermanfaat Bagi Kulit

By , Sabtu, 20 Juni 2015 | 10:00 WIB

Ada sebuah tambalan di lengan bawah John Rogers. Tambalan itu terlihat seperti tato sementara yang suka dipakai anak-anak, namun sebenarnya Rogers, seorang insinyur di University of Illinois, memakai perangkat elektronik. Perangkat ini memungkinkan transmisi data nirkabel dan penyimpanan data--sekitar 100 kilobyte, untuk hal-hal seperti password dan pengenal medis.

Rogers dan timnya merintis perangkat elektronik yang dapat dipakai dengan fleksibel, dirancang untuk terus mengumpulkan dan mengirimkan data dari tubuh manusia. Mereka bekerja sama dengan perusahaan kosmetik L'Oreal USA untuk membantu para peneliti dan konsumen agar lebih memahami kulit manusia. Bagi L'Oreal, sensor tersebut merupakan kunci untuk memahami apa yang membuat kulit sehat dan cantik.

Perangkat ini mampu mengukur perubahan suhu kulit (dalam hitungan menit) yang disebabkan oleh perubahan aliran darah, tanpa mengubah kondisi kulit. Lebih banyak darah yang mengalir di kulit dapat berarti kulit itu sehat, kata Rogers, tetapi juga dapat berarti menunjukkan peradangan, sehingga pasien dapat melacak pengukuran relatif mereka dari waktu ke waktu agar dapat menjaga kesehatan kulit lebih lama.

Kemampuan lain yang dimiliki perangkat elektronik ini adalah mengukur tingkat hidrasi kulit, yang merupakan tujuan besar perusahaan spesialis losion dan pelembab ringan. "Perangkat ini membantu melihat khasiat dari losion, memberi mereka kemampuan untuk terus membuatnya tahan lama melembabkan kulit," kata Rogers.

L'Oreal telah mengembangkan kemitraan dengan lab Rogers - secara teknis produk tersebut adalah milik University of Illinois, tim dari L'Oreal telah membawa keahlian yang luas dalam kesehatan kulit dan penampilan (University of Illionois dan L'Oreal bekerja pada pengajuan paten bersama untuk sensor yang telah mereka kembangkan). Tetapi L'Oreal sudah menggunakan perangkat ini dalam penelitian dan pengembangan produk baru, kata Rogers.

Langkah berikutnya adalah mencoba perangkat elektronik ini langsung kepada konsumen yang ingin menambah ilmu dalam rutinitas kecantikan mereka. "Anda bisa bayangkan karena perangkat ini berbiaya rendah, L'Oreal mungkin menjualnya bersama dengan produk kosmetik atau losion," kata Rogers. "Konsumen bisa menggunakan perangkat ini untuk menentukan keadaan hidrasi kulit mereka serta jenis dan berapa banyak losion yang diperlukan untuk mencapai keadaan hidrasi yang diinginkan." Namun L'Oreal masih belum menentukan waktu penjualan sensor nirkabel tersebut.

"Konsumen tak akan merasakan apa-apa ketika memakai sensor nirkabel tersebut," kata Guive Balooch, wakil presiden L'Oreal Technology Incubator, yang bekerja sama dengan John Rogers. Sirkuit ini terbuat dari untaian tipis konduktor logam seperti emas, terjalin dan tertanam dalam silikon "nanoribbons". Perangkat ini dapat dipakai selama berminggu-minggu bahkan bisa dipakai ketika mandi. Semua data yang terkumpul dapat dikirim via Bluetooth ke komputer atau smartphone, asalkan berjarak cukup dekat.

L'Oreal tertarik pada pengukuran dan karakteristik kulit, elektronik fleksibel ini menawarkan cara yang unik untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Elektronik kaku tidak bisa mengumpulkan informasi secara terus-menerus karena mereka tidak dapat meregang dan akan rusak seraya pergerakan kulit.

Menurut Balooch, penampilan perangkat elektronik ini pun harus diperbagus untuk menarik konsumen. Rogers telah bereksperimen dengan membuatnya seperti tato sementara. Konsumen bisa menempatkan perangkat ini di bagian tubuh manapun untuk memantau paparan lingkungan terhadap sinar polusi atau UV dari matahari, mengumpulkan data dari waktu ke waktu untuk melatih mereka agar dapat mengetahui kebiasaan yang baik untuk kulit. Jika diletakkan di wajah mungkin akan terlihat mencolok, namun konsumen tetap bisa memakainya di rumah untuk memahami kondisi kulit wajah dan bisa dilepas sebelum pergi.

Karena perangkat ini dapat memberikan perhitungan yang tepat, Rogers berniat untuk memanfaatkannya di bidang lain, seperti dalam hal medis.  "Anda dapat mengetahui pengukuran vital secara terus menerus." Misalnya, jika dipasang di pergelangan tangan, Anda dapat mengetahui tekanan darah, denyut jantung, bahkan gelombang otak. Perangkat mungil ini bahkan bisa saja menggantikan peralatan medis besar di rumah sakit. Hal ini tentu akan membantu dokter agar terus dapat memonitor keadaan pasiennya setelah keluar dari rumah sakit.