Tokyo Menjadi Kota Layak Huni Tahun 2015

By , Jumat, 19 Juni 2015 | 14:00 WIB

Majalah Monocle baru saja menasbihkan Tokyo sebagai kota paling layak huni di dunia 2015. Beberapa kriteria baru ditambahkan untuk menentukan apakah berhak menjadi kota paling layak huni menjadikan ibu kota Jepang itu mengalahkan kota-kota lain di Eropa, Amerika, dan Australia.

Biasanya, parameter yang digunakan meliputi empat faktor utama: ketersediaan rute penerbaganan internasional, jalur sepeda, tempat makan siang yang nyaman, dan perpustakaan umum. Di tahun ini Monocle menambahkan 22 elemen baru termasuk biaya hidup dan harga secangkir kopi.

“Tokyo mampu melakukan hal yang tidak mampu dilakukan kota-kota metropolis lainnya; selain menawarkan kualitas hidup terbaik bagi mereka yang tinggal di sana, kota ini juga menjunjung tinggi budaya, tingkat keamanan yang kelas wahid, sopan-santun saat makan, semuanya tercakup,” tulis Monocle tentang Tokyo seperti dilansir Huffingtonpost.com. “New York dan London, catat itu!”

Kita tidak bisa membantah: Tokyo sangat terkenal dengan kekayaan budayanya, belum lagi kereta super cepat yang sangat canggih, serta bunga sakura yang luar biasa cantik.

Berikut 10 besar kota paling layak huni 2015:

  1. Tokyo, Jepang
  2. Wina, Austria
  3. Berlin, Jerman
  4. Melbourne, Australia
  5. Sydney, Australia
  6. Stockholm, Swedia
  7. Vancouver, Kanada
  8. Helsinki, Finlandia
  9. Munich, Jerman
  10. Zurich, Swiss dan Copenhagen, Denmark.