Wadah Kreativitas Sang Mahasiswa

By , Jumat, 19 Juni 2015 | 16:30 WIB

Mahasiswa kembali unjuk gigi. Di Bandung, Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Institut Teknologi Bandung (Himatek ITB) menggelar Indonesia Chemical Engineering Challenge (IChEC) 2015. Gelaran ke-16 ini ini mengangkat tema "Pengolahan Mineral dan Material yang Berkelanjutan" untuk meningkatkan kreativitas dan peningkatan pengetahuan mahasiswa teknik kimia.

Rangkaian acara kompetisi bergengsi tersebut diawali dengan pre event berupa lomba penulisan esai dan lomba pembuatan poster yang dimulai pada awal tahun 2015. Dilanjutkan dengan acara kompetisi utama yaitu kompetisi pemecahan studi kasus, kompetisi rancang pabrik, dan seminar yang berlangsung pada Sabtu, (11/4).

Kompetisi penulisan esai berhasil disapu bersih oleh mahasiswa ITB. Adhitia Gesar Hanafi yang mengangkat topik sulfur dalam esainya berhasil menduduki posisi pertama, disusul oleh Teguh Yassi Akasyah Putra dan Muhammad Irfan Rafi Suparma. Dalam kategori lomba pembuatan poster, Muhammad Andry Suryanata dari ITS berhasilkan menduduki peringkat teratas dengan menyajikan informasi yang sistematis dan menarik dalam sebuah poster bertema "Lithium, Material Behind Powering Technology". Urutan kedua dan ketiga ditempati oleh Yessica Berliana Megistriani dari ITB dan Ikhwan Muttaqin yang mewakili Universitas Indonesia.

Sementara itu, kompetisi pemecahan studi kasus para peserta untuk memecahkan studi kasus berupa permasalahan pabrik pengolahan tembaga di Meksiko. Para peserta dituntut untuk memilih kombinasi alat yang akan digunakan dalam pabrik tersebut dengan mempertimbangkan dari sudut pandang ekonomi dan lingkungan.

Pasangan Hor Jun You dan Lim Lian Rui dari Universiti Teknologi Petronas (Malaysia) berhasil keluar sebagai pemenang dalam kompetisi pemecahan studi kasus dengan karya mereka yang berjudul "Feasibilty and Sustainability Study of Proposed Solutions for Minas de Minas Copper Mine and Concentrator Plant". Kemudian tulisan yang bertajuk "Production Security, Tailings Management, and Maintenance Solution in Copper Mining" berhasil mengantarkan pasangan Natasha Kurniawati Munaf dan Febrizca Narcia dari ITB menjadi juara kedua. Juara ketiga juga diisi oleh pasangan yang berasal dari ITB yaitu Muhammad Zaky Yanwar dan Ryan Rahardi dengan tulisan mereka yang berjudul "Solving Shutdown Problems and Optimization Production on Copper Concentrator Plant".